PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SMART TRASH BIN DI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Sukarjadi Sukarjadi, Arifiyanto Arifiyanto, Deby Tobagus Setiawan, Moch. Hatta

Abstract


Dalam meningkatkan kesadaran akan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, kadang memerlukan cara yang unik agar tiap-tiap individu tertarik, sehingga tak segan untuk membuang sampah pada tempatnya. Tempat sampah pada umumnya membuka dan menutupnya secara manual. Hal ini menyulitkan seseorang untuk membuang sampah ataupun membersihkan sampah yang sudah penuh.

Penelitian ini dilakukan di Universitas Maarif Hasyim Latif, memberikan solusi dengan membuat tempat sampah pintar (smart trash bin) berbasis Arduino Uno, menggunakan sensor HC-SR04, motor servo, rangkaian adaptor, buzzer dan LED. Dalam Smart Trash Bin menggunakan sensor HC-SR04 berbasis Arduino board sebagai pendeteksi jarak, sedangkan motor servo digunakan sebagai penggerak buka dan tutup tempat sampah, dan buzzer beserta LED sebagai notifikasi bahwa sampah sudah penuh.

Perancangan modul yang dilakukan dalam tiga tahap : (1) perancangan software mulai dari pendeskripsian kerja dari sistem Arduino Uno, bahasa c++ sebagai bahasa perancangan program, pembuatan flowchart, Selanjutnya masuk kedalam pembuatan program pada komputer; (2) perencanaan hardware yang dilakukan pada pembuatan rangkaian modul sensor jarak, LED dan buzzer; dan (3) pembandingan antara hardware dan software.


Keywords


smart trash bin; arduino uno; arduino ide; c++; sensor hc-sr04; servo

Full Text:

PDF

References


Istiyanto, J. (2014). Pengantar Elektronika dan Instrumentasi, Pendekatan Project Arduino dan Android (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Kadir, A. (2013). Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler Dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Kadir, A. (2015). From Zero to a Pro: Arduino (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Kadir, A. (2017). Pemrograman Arduino Menggunakan ArduBlock (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Sanjaya, M. (2016). Panduan Praktis Membuat Robot Cerdas Menggunakan ARDUINO dan MATLAB (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Sanjaya, M. (2016). Robot Cerdas, Berbasis Speech Recognititon Menggunakan Matlab Dan Arduino+cd (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Sanjaya, M. (2017). Panduan Praktis Pemrograman Robot Vision Menggunakan Matlab (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Santoso, H. (2015). Panduan Praktis Arduino untuk Pemula. Trenggalek: Elang Sakti.

Syahwil, M. (2014). Panduan Mudah Simulasi Dan Praktek Mikrokontroler Arduino (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Syahwil, M. (2017). Panduan Mudah Belajar Arduino Menggunakan Simulasi Proteus (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.5281/zenodo.1116487

Copyright (c) 2017 Teknika : Engineering and Sains Journal




TESJ abstracted & indexed by :

                                                                                      


Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Maarif Hasyim Latif

Address : LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : teknika@ft.umaha.ac.id
URL : https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika


ISSN 2579-5422 (online)
ISSN 2580-4146 (print)

Creative Commons License
TESJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1