STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BIDANG BAKERY

Authors

  • Yusfendi Abdiputra Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.688

Abstract

Cahaya Bakery merupakan salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) Produsen pembuat roti di wilayah gresik,tepatnya di Perumahan Bukit Bambe Blok CI 10. Dalam proses pengembangan usaha ini dilakukan penelitian yang menggunakan metode analisis SWOT yaitu menganalisa kekuatan dan kelemahan perusahaan serta peluang dan ancamandiluar perusahaan. Penelitian berfokus pada strategi untuk mengembangkan usaha Cahaya Bakery Alur penelitian yang digunakan yaitu pengumpulan data yang meliputi pembagian kuisioner dan wawancara. Pada tahap pengolahan data meliputi membuat Matriks EFE,IFE,CPM,SWOT,SPACE,QPSM. Tahapan terakhir melakukan analisa dan mengambil kesimpulan. Pada tahap keputusan menggunakan matriks QPSM yang didasarkan pada tiga alternative yang didapat pada tahap keputusan,yaitu Alternatif 1: Memperbanyak jaringan untuk menambah konsumen dan membuat produk varian baru dengan kualitas lebih tinggi. Alternatif 2: Melakukan promosi lewat media social. Alternatif 3: menambah tenaga kerja marketing untuk mengelola pemasaran produk. Berdasarkan matriks QPSM tersebut diketahui nilai tertinggi adalah pada Alternatif 1 yaitu Memperbanyak jaringan untuk menambah konsumen dan membuat produk varian baru dengan kualitas lebih tinggi.

Author Biography

Yusfendi Abdiputra, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Industri

Fakultas Teknik

References

Adriansyah, G., Prasnowo, M. A., Rodli, A. F., & Hidayat, K. (2017). Pengembangan Sentra Industri Tas Dan Koper Tanggulangin Dalam Menghadapi MEA. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(1), 24–31.

Aziza, N., Ekasari, R., Prasnowo, M. A., Setiawan, S., & Purnamasari, W. (2018). Pengembangan Kemampuan Enterpreneur Sebagai Upaya Meningkatkan Competitive Advantage UMKM di Desa Watu Golong Kec. Krian Kab. Sidoarjo. In Proceedings of Annual Conference on Community Engagement (pp. 865–871).

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset Penelitian Bisnis dan Ekonomi Edisi Ketiga. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Lexy, J. M. (2002). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Prasnowo, M. A., Khomaruddin, A., & Hidayat, K. (2017). Strategi Pengembangan Sentra Industri Kecil Menengah Produksi Krupuk. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 17–24.

Putri, K. (2018). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (STUDI KASUS RESTORAN BAKMI JA DI KOTA PADANG). Universitas Andalas.

Downloads

Published

2020-04-02