ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUAT TEKAN KERAMIK DI PT. P

Authors

  • M. Arif Hidayat Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.687

Abstract

Peran bahan baku dalam mencapai target perusahaan sangatlah penting. Oleh sebab itu perusahaan harus melakukan pengawasan dalam memilih bahan baku yang memenuhi standart yang ditetapkan perusahaan.  Apabila bahan baku tegel berkualitas dan memenuhi standart maka akan menghasilkan kuat tekan yang tinggi dan memenuhi standart perusahaan. Dengan kuat yang tinggi maka akan meminimalkan cacat pada tegel seperti cacat gupil, cacat trepes, bodi mudah retak dan jenis cacat yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dari ketiga faktor yakni bahan baku fledspar, kadar air dan tekanan press mana yang paling berpengaruh dengan metode desain eksperimen. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa dari semua faktor mempunyai pengaruh terhadap kuat tekan. Ini dikarenakan Fhitung lebih besar dari Ftabel. Yang artinya dari semua faktor saling berinteraksi memiliki pengaruh terhadap kuat tekan. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kuat tekan adalah bahan baku fledspar dengan Fhitung 256,975 lebih besar dari Ftabel.

Author Biography

M. Arif Hidayat, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Industri

Fakultas Teknik

References

Aziza, N., & AR, I. Z. (2010). Analisa Pengaruh Intensitas Arus dan Jenis Elektroda terhadap Laju Pengerjaan Logam pada Proses Electro Discharge Machine. Jurnal Teknik Mesin, Industri Dan Komputer Teknika, 1(1), 39–46.

Kurniawan, R. (2010). analisa faktor-faktor yang mempengarui kualitas kuat tekan keramik di pt. platinum.

Sondakh, I. J. R., Sumajouw, M. D. J., Pandaleke, R., & Dapas, S. O. (2015). Pemanfaatan Tailing Sebagai Substitusi Parsial Pada Semen Ditinjau Terhadap Kuat Tekan Dan Kuat Tarik Lentur (Studi Kasus: Tailing Dari Ratatotok, Minahasa Tenggara). Jurnal Sipil Statik, 3(4).

Winarto, S. (2017). Pemanfaatan serat ijuk sebagai material kemampuan beton menahan beban tekan Studi Kasus : Pembangunan Homestay Singonegaran Kediri, 1(1), 1–38.

Downloads

Published

2020-04-02