STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UKM KAMPUNG POT DESA KEMANGSEN KECAMATAN BALONGBENDO KABUPATEN SIDOARJO

Mokhamad Khafit

Abstract


Dalam menangani kompetisi bisnis yang semakin panas UKM Kerajinan Pot Desa Kemangsen membutuhkan suatu strategi untuk memunculkan kekuatan dan kelemahan dari segi internal dan eksternal dengan memperhatikan peluang serta ancaman terhadap usahanya, sehingga kedepannya dapat berkembang dan memenangkan persaingan. Terkait hal ini analisa SWOT melalui serangkaian beberapa matriks perumusan  strategi dapat dijadikan sebagai alat pendukung dalam mengidentifikasi faktor –faktor yang menjadi keunggulan, kekurangan, kesempatan, dan ancaman yang ditimbulkan baik dari eksternal maupun internal dengan tanpa melupakan kapasitas usaha. Setelah itu digunakan Fuzzy AHP sebagai tools perbandingan, manakah strategi yang paling sesuai dengan kondisi usaha sekarang. Pada tahap akhir dipilih hasil matriks QSPM berupa kriteria meningkatkan kualitas pelayanan dengan jumlah nilai ketertarikan sebesar 5,409 dibandingkan hasil Fuzzy AHP yakni penambahan peralatan baru dengan nilai bobot terteinggi sebesar 0,35115, karena lebih menggambarkan kondisi usaha, yang mana sebagian besar pengusaha UKM Kampung Pot Desa Kemangsen masih kurang dalam sisi pelayanan dibandingkan dari sisi peralatan yang dirasa masih mencukupi.


Full Text:

PDF

References


Adriansyah, G. et al. (2017) ‘Pengembangan Sentra Industri Tas Dan Koper Tanggulangin Dalam Menghadapi MEA’, Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 9(1), pp. 24–31.

Adriansyah, G. and Pramono, A. (2019) ‘PERENCANAAN STRATEGI PT. X DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN STRATEGI’, JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 2(1), pp. 37–42.

Aji, A. A., Satria, A. and Hariono, B. (2014) ‘Strategi

pengembangan agribisnis komoditas padi dalam meningkatkan ketahanan pangan Kabupaten Jember’, Jurnal Manajemen & Agribisnis, 11(1), pp. 60–67.

David, F. R. (2009) ‘Strategic Management: Manajemen Strategis Konsep’, Jakarta [ID]. Penerbit Salemba Empat.

Efendi, N. and Prasnowo, M. A. (2019) ‘STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PADA APARTEMEN X DENGAN METODE HUMAN SIGMA’, JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 1(1), pp. 29–38.

de FRETES, R. A. et al. (2013) ‘Strategi Perencanaan dan Pengembangan Industri Pariwisata dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus Kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon)’, Jurnal Rekayasa Mesin Universitas Brawijaya. Brawijaya University, 4(2).

Furqan, F. A. (2017) ‘Strategi Pengembangan Usaha Bibit Buah di Kecamatan Narmada’. Universitas Mataram.

Masyono, S. A. M. S. A. and Suhada, B. S. B. (2015) ‘Strategi pengembangan sektor kepariwisataan di Kabupaten Lampung Timur’, DERIVATIF [Jurnal Manajemen], 9(1).

Prasnowo, M. A., Khomaruddin, A. and Hidayat, K. (2017) ‘Strategi Pengembangan Sentra Industri Kecil Menengah Produksi Krupuk’, Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), pp. 17–24.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.