STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN ROTAN

Muhammad Lucy Prasetyo

Abstract


Dalam menangani kompetisi bisnis yang semakin ketat UKM kerajinan rotan Indah Mandiri di Kecamatan Menganti membutuhkan suatu strategi untuk memunculkan kekuatan dan juga kelemahan dari segi internal dan eksternal dengan memperhatikan peluang serta ancaman terhadap usahanya, sehingga kedepannya dapat berkembang dan memenangkan persaingan. Strategi pengembangan usaha kerajinan rotan menggunakan analisis SWOT, penentuan faktor internal dan juga eksternal dilakukan berdasarkan teknik fokus group discussion (FGD). Tahap 1 adalah input yaitu penentuan nilai IFE dan EFE, alternatif strategi diperoleh dari perhitungan pada tahap pencocokan yaitu Matriks SWOT, dan matriks SPACE. Terakhir adalah tahap keputusan yang meggunakan matriks QSPM sebagai penentu alternatif strategi yang akan dijalankan.Diketahui bahwa alternatif strategi untuk kerajinan rotan Indah Mandiri nilai tertinggi terletak pada strategi alternatif yang ke 2 “pengembangan model produk baru dan meningkatkan kualitas produk” yaitu sebesar 5,80. Alternatif tersebut sangat efektif untuk menjadi rekomendasi sebagai alternatif utama pengembangan usaha kerajinan rotan Indah Mandiri.


Full Text:

PDF

References


Adriansyah, G., & Pramono, A. (2019). PERENCANAAN STRATEGI PT. X DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN STRATEGI. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 2(1), 37–42.

Adriansyah, G., Prasnowo, M. A., Rodli, A. F., & Hidayat, K. (2017). Pengembangan Sentra Industri Tas Dan Koper Tanggulangin Dalam Menghadapi MEA. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(1), 24–31.

Afridhal, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong Di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Sains Pertanian, 1(3).

Aziza, N., Ekasari, R., Prasnowo, M. A., Setiawan, S., & Purnamasari, W. (2018). Pengembangan Kemampuan Enterpreneur Sebagai Upaya Meningkatkan Competitive Advantage UMKM di Desa Watu Golong Kec. Krian Kab. Sidoarjo. In Proceedings of Annual Conference on Community Engagement (pp. 865–871).

David, F. R. (2009). Strategic Management: Manajemen Strategis Konsep. Jakarta [ID]. Penerbit Salemba Empat.

Efendi, N., & Prasnowo, M. A. (2019). STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN PADA APARTEMEN X DENGAN METODE HUMAN SIGMA. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 1(1), 29–38.

Maemonah, S. (2015). Strategi Pengembangan Industri Kecil Gula Aren di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Economics Development Analysis Journal, 4(4), 414–426.

Prasnowo, M. A., Khomaruddin, A., & Hidayat, K. (2017). Strategi Pengembangan Sentra Industri Kecil Menengah Produksi Krupuk. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 17–24.

Vikaliana, R. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN DHELINE’S CAKE BROWNIES GULUNG SEBAGAI ICON KOTA BOGOR. Economicus, 8(1), 44–53.

Wiraghani, S. R., & Prasnowo, M. A. (2017). Perancangan dan Pengembangan Produk Alat Potong Sol Sandal. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 73–76.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.