PERENCANAAN PERAWATAN MESIN PALLETIZER DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE DI PT.CPI

Authors

  • Mochammad Bakhrul Abidin Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.684

Abstract

PT. CPI adalah perusahaan industri pakan ternak yang berdiri sejak tahun 1971 di Ancol-Jakarta. Sebagai perusahaan manufaktur, yang bergantung pada mesin  produksinya, mesin utama pada perusahaan ini adalah mesin palletizer. Namun tingginya kerusakan dan downtime pada mesin menyebabkan hasil produksi menurun. Perbaikan ini mengimplementasikan Reliability Centered Maintenance untuk menentukan penjadwalan perawatan mesin serta interval waktu optimal. Tahapan ini dimulai dengan menentukan mesin kritis kemudian membuat deskripsi sistem dilanjutkan denagan analisis FMEA, analisa ABC untuk menentukan komponen kritis, analisis distribusi waktu hingga interval perawatan optimal. Dari hasil penelitian ini diketahui 2 komponen kritis dengan nilai RPN tertinggi. 2 komponen yang telah di identifikasi kemudian dianalisis distribusi waktu kerusakan dan perbaikan, untuk mencari distribusi waktu dan mendapatkan nilai MTTF. Vanbelt adalah komponen yang memiliki nilai RPN tertinggi sebesar 245, nilai MTTF 658.909 dan interval perwatan optimal 1447,934 jam.

Author Biography

Mochammad Bakhrul Abidin, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Industri

Fakultas Teknik

References

Assauri, S. (2004). Manajemen Produksi Dan Operasi Edisi Revisi. Jakarta: Lembaga Penerbit FEUI.

Faizal, M. (2017). Implementasi Reliability Centered Maintenance Pada Proses Peleburan Polimer Keramik Di PT. Ferro Indonesia. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Kurniawan, R. A., & Kholik, H. M. (2015). Usulan Perawatan Mesin Stitching Dengan Metode Reliability Centered Maintenance. Jurnal Teknikk Industrii, 16(2), 83–91.

Prasetya, D., & Ardhyani, I. W. (2019). Perencanaan PemeliharaannMesin Produksi Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenancee(RCM)(Studi Kasus: PT. S). JISO: Journal Of Industrial And Systems Optimization, 1(1), 7–14.

Ramadhan, M. A. Z. (2018). Penentuan Interval Waktu Preventiv Maintenance Pada Nail Makingg Machine eDengann Menggunakan Metodee Reliability Centered Maintenance (RCM) II (Studi Kasus PT. SURABAYA WIRE). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Stamatis, D. H. (2003). Failure Mode And Effect Analysis: FMEA From Theory To Execution.

ASQ Quality Press

Downloads

Published

2020-04-02