STRATEGI PENGEMBANGAN SENTRA BATIK JETIS SIDOARJO MENGGUNAKAN SWOT, SPACE DAN QSPM

Alfi Fuadi

Abstract


Di desa  Jetis,  Kecamatan  Sidoarjo,  terkenal  dengan  sentra industri  kreatif  textile,  terutama  kerajinan batik tulis.  Seiring dengan perkembangan penduduk, serta ramainya jual beli di pasar Jetis, kawasan ini banyak didatangi para pedagang dari luar daerah terutama dari Madura. Namun melalui inilah akhirnya batik jetisan yang awalnya terkenal buatan Sidoarjo beralih menjadi batik dengan identitas batik Madura. Sampai saat ini pembeli lebih ramai mengunjungi pusat batik yang ada di Madura dari pada yang ada di Jetis-Sidoarjo sehingga membuat kampong batik Jetis menjadi sepi pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk Merumuskan strategi pengembangan produk batik jetis agar mampu bersaing dipasar lokal maupun regional. Analisis dari penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang didapat dari hasil kuisioner dan FGD (Focus Group Discussion) yang dilakukan di Sentra Batik Jetis – Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam analis data adalah SWOT, SPACE, dan QSPM. Penelitian ini menghasilkan sebuah strategi memunculkan model baju dan desain batik yang baru setiap tahunnya sebagai icon dan dipamerkan dalam karnaval hari nasional yang diadakan pemerintah dengan harga dan kualitas yang kompetitif” dengan nilai TAS (Total Attractive Score) sebesar 6.6 .


Full Text:

PDF

References


Adriansyah, G., & Pramono, A. (2019). PERENCANAAN STRATEGI PT. X DENGAN PENDEKATAN MANAJEMEN STRATEGI. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 2(1), 37–42.

Adriansyah, G., Prasnowo, M. A., Rodli, A. F., & Hidayat, K. (2017). Pengembangan Industri Tas Dan Koper Tanggulangin Dalam Menghadapi MEA. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(1), 24–31.

Aulia, D., & Ikhwana, A. (2013). Perencanaan pengembangan usaha kain tenun sutra dengan pendekatan metode balanced scorecard (Studi kasus di Pabrik Sutra Tiga Putra). Jurnal Kalibrasi, 10(1).

Aziza, N., Ekasari, R., Prasnowo, M. A., Setiawan, S., & Purnamasari, W. (2018). Pengembangan Skill Enterpreneur dalamMeningkatkan Competitive Advantage UMKM di Desa Watu Golong Kec. Krian Kab. Sidoarjo. In Proceedings of Annual Conference on Community Engagement (pp. 865–871)

Efendi, N., & Prasnowo, M. A. (2019). STRATEGI MENINGKATKAN LAYANAN DI APARTEMEN X DENGAN METODE HUMAN SIGMA. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 1(1), 29–38.

Prasnowo, M. A., Khomaruddin, A., & Hidayat, K. (2017). Strategi Pengembangan Sentra Industri Kecil Menengah Produksi Krupuk. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 17–24.

Supriatna, S., & Aminah, M. (2014). Analisis strategi pengembangan usaha kopi luwak (studi kasus UMKM Careuh Coffee Rancabali-Ciwidey, Bandung). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 5(3), 227–243.

Wiraghani, S. R., & Prasnowo, M. A. (2017). Perancangan dan Pengembangan Produk Alat Potong Sol Sandal. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 73–76.

David, F. R. (2005) ‘Strategic Management:

Concepts And Cases (10th International Ed.)’. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.