MANAJEMEN PERAWATAN MESIN MIXING MILL MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE

Authors

  • Adi Asmawan Hidayat Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.668

Abstract

PT. Delta Jaya Mas adalah perusahaan manufaktur yang bergerrak dibidang pembuatan Hoses. Sebagai perusahaan manufaktur, perusahaan ini sangat bergantung pada mesin-mesin produksinya, salah satu mesin utama pada perusahaan ini adalah mesin Mixing mill. Namun tingginya frekuensi kerusakan Downtime mesin, menyebabkan proses produksi terhenti. (Reliabilty Centered Maintenance) RCM digunakan dalam penelitian ini. Metode ini biasa digunakan untuk menetapkan komponen kritis mesin dan interval perawatan optimal. Tahapan penelitian ini dimulai dengan menentukan mesin kritis kemudian membuat dekripsi sistem dilanjutkan dengan analisis FMEA, analisis ABC dari RPN komponen mesin untuk menentukan komponen kritis pada mesin, analisis FTA, analisis waktu dan interval perawatan optimal.Hasil penelitian ini mendapatkan 4 komponen kritis dengan nilai RPN tertinggi. 4 komponen yang telah di identifikasi kemudian di analisis distribusi waktu kerusakan dan perbaikan, untuk mencari distribusi waktu dan mendapatkan nilai MTTR dan MTTF. Bussing roll kuningan adalah komponen mesin yang memiliki nilai RPN tertinggi yaitu sebesar 384 menit, nilai MTTR 8,3 jam, MTTF 3888 jam dan interval perawatan 2266 jam dan komponen spei gigi tramisi memiliki RPN terendah yaitu sebesar 175, MTTR 78, MTTF 2501 jam dan interval perawatan 682 jam dari keempat komponen kritis Mixing Mill.

Author Biography

Adi Asmawan Hidayat, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Industri

Fakultas Teknik

References

Assauri, S. (1998). Manajemen Produksi dan Operasi Jakarta. Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Aufar, A. N., Leksananto, K., & Prassetiyo, H. (2014). Usulan Kebijakan Perawatan Area Produksi Trim Chassis dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (Studi Kasus: PT. Nissan Motor Indonesia). Reka Integra, 2(4).

Ebeling, C. E. (2004). An introduction to reliability and maintainability engineering. Tata McGraw-Hill Education.

Fleming, J. H., Coffman, C., & Harter, J. K. (2005). Manage your human sigma. Harvard Business Review, 83(7), 106–114.

Hartini, S., Sriyanto, S., & Adityo, R. (n.d.). Analisis Moda Kegagalan Dengan Pendekatan Reliability Centered Maintenance (Rcm)(Studi Kasus Baking Section Mesin Imfori PT Nissin Biskuit Indonesia). J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 1(3), 53–61.

Kurniawan, K., & Rumita, R. (2014). Perencanaan Sistem Perawatan Mesin Urbannyte Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance II (RCM II)(Studi Kasus di departmen produksi PT. Masscom Graphy, Semarang). Industrial Engineering Online Journal, 3(4).

Moubray, J. (2001). Reliability-centered maintenance. Industrial Press Inc.

Pranoto, J., Matondang, N., & Siregar, I. (2013). Implementasi Studi Preventive Maintenance Fasilitas Produksi Dengan Metode Reliability Centered Maintenance Pada PT. XYZ. Jurnal Teknik Industri USU, 1(3).

Prasetya, D., & Ardhyani, I. W. (2019). PERENCANAAN PEMELIHARAAN MESIN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM)(Studi Kasus: PT. S). JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 1(1), 7–14.

Widodo, T. T. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Polis Asuransi Kebakaran Menggunakan Analisis SWOT. JURNAL INDUSTRI KREATIF (JIK), 1(1), 113–122.

Downloads

Published

2020-04-02