PENJADWALAN PRODUKSI UNTUK MEMINIMASI KETERLAMBATAN DISTRIBUSI DENGAN METODE EARLIEST DUE DATE

Merisa Dwi Ayu Safitri

Abstract


Konsistensi dan komitmen terhadap pelayanan adalah upaya sebuah perusahaan dari segi kualitas, kuantitas maupun pelayanan dengan ketepatan waktu pengiriman. Masalah penjadwalan sering muncul pada waktu yang bersamaan dengan terdapatnya kendala sekumpulan pekerjaan yang harus dihadapi dengan terbatasnya mesin atau fasilitas produksi yang tersedia. PT. Lumina Packaging merupakan perusahaan kemasan / flexible packaging baik untuk food grade maupun non food grade. Dan salah satu object penelitian adalah produk kemasan bag. Dalam proses pembuatan bag terdapat 5 mesin dan 26 job dimana setiap job memiliki urutan mesin yang berbeda (jobshop). Pada urutan penjadwalan sebelumnya PT Lumina Packaging sering mendapatkan complain karena keterlambatan distribusi. Maka pada penelitian dengan menggunakan metode usulan untuk meminimasi keterlambatan dan meminimumkan makespan adalah metode EDD. Penggunaan software WinQSB membantu dalam penentuan jadwal. Hasil penjadwalan dengan program WinQSB diperoleh makespan 377 jam sehingga dari hasil tersebut dapat meminimasi job yang terlambat.


Full Text:

PDF

References


Alam, F. M. D. I. P. (n.d.). Optimasi Penjadwalan Mesin Produksi dengan Menggunakan Metode CAMPBELL DUDEK SMITH (CDS) Pada Perusahaan Manufaktur.

Asmawar, M., & Sriyanto, S. (n.d.). Usulan penjadwalan produksi produk st 37777 pt ebako nusantara pada departemen smoothmilling untuk meminimasi makespan. J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(1), 61–66.

Fudhla, A. F., Juniani, A. I., & Windyaningrum, L. (2017). Pengembangan Metode Activity Based Time Study untuk Sistem Produksi Engineering To Order (ETO) Dengan Tipe Aliran Job Shop.

Nur, R., & Suyuti, M. A. (2017). Pengantar Sistem Manufaktur. Deepublish.

PRASETYA, N. E. K. A. (2017). Penjadwalan Fleksibel Flowshop Dengan Menggunakan Algoritma Long Processing Time-ln Untuk Minimasi Biaya Energi (Studi Kasus PT. SINARAYA NUGRAHA AHMADARIS MEDIKA). University of Muhammadiyah Malang.

Rudyanto, A., & Arifin, M. (2010). Penerapan Metode Earliest Due Date Pada Penjadwalan Produksi Paving Pada CV. Eko Joyo. Jurnal Fakultas Hukum UII.

Wardhani, A. R. (2012). Analisis Metode Penjadwalan Produksi dengan Menggunakan Metode Johnson pada PT. X Surabaya. PROTON, 4(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.