PERENCANAAN PERSEDIAAN DISTRIBUSI GAS LPG 3 KG MENGGUNAKAN METODE DISTRIBUTION REQUIREMENT PLANNING (DRP) DI PT. X

Yasin Yasin

Abstract


PT. X sebagai perusahaan agen Gas LPG 3 kg seringkali mengalami over stock dan out stock yang mengakibatkan kehilangan penjualan yang disebabkan oleh pendistribusian yang terhambat karena ketersediaan produk yang kurang memadai untuk memenuhi permintaan. Penelitian ini menggunakan metode DRP. DRP terfokus pada manajemen distribusi inventori perusahaan. Penerapan DRP didahului oleh penentuan Bill OF Distribution (BOD) dan  peramalan permintaan terbaik.  Hasil dari penelitian tersebut memberi petunjuk bahwa penerapan metode DRP di PT. X bisa menyelesaikan permasalahan yang selama ini dihadapi perusahaan agen tersebut dalam aktivitas pendistribusiannya. Dengan menerapkan DRP, membuat ketersediaan tabung gas LPG 3 kg tidak terjadi kekurangan stok dan kelebihan stok. Hal ini memberitahukan bahwa penerapan metode DRP dapat memberikan hasil yang optimal pada aktivitas distribusi di perusahaan agen tersebut. Dengan demikian, PT. X tidak lagi harus kehilangan penjualan dan kekurangan stok serta kelebihan stok.


Full Text:

PDF

References


Fudhla, A. F., Pujawan, I. N., & Rahman, A. (2010). Pengembangan Model Matematis untuk Penjadwalan Rute Kendaraan Cross Docking dalam Rantai Pasok dengan Mempertimbangkan Batasan Kelas Jalan dan Kendaraan yang Heterogen. Thesis. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Gaspersz, V. (2004). Production planning and inventory control. PT Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Harahap, A. U., Kamello, T., & Purba, H. (2016). Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Atas Penggunaan Gas Elpiji Tiga Kg Ditinjau Dari Uu No. 8 Tahun 1999 (Studi pada Masyarakat Kota Medan). USU Law Journal, 4(1), 1–13.

Nasution, A. H. (2006). Manajemen industri. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nuriszal, F., & Anshori, M. (2019). PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU UNTUK PRODUK SEMEN INSTAN DI PT. VWX. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 2(1), 18–22.

Suryana, H., & Faruk, U. (2017). Perencanaan Distribusi Gas LPG 3 kg Menggunakan Metoda Distribution Requirement Planning (DRP) di PT Anugrah Ditamas Lestari. Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 1.

Wijayanti, W., & Adriansyah, G. (2019). ANALISIS PERENCANAAN PRODUKSI TAS FLB DI PT. X MOJOKERTO. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 1(1), 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.