ANALISIS ROA, ROE DAN PER TERHADAP PERTUMBUHAN LABA (PL) PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PULP DAN KERTAS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Penulis

  • Mar’atus Saidah Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.596

Abstrak

Penelitian ditujukan untuk mendapatkan informasi serta pemaparan mengenai korelasi antara variabel ROA, ROE dan PER terhadap pertumbuhan laba. Sample perusahaan BEI yang dijadikan sebagai sample penelitian yaitu sub sector pulp dan kertas periode 2015-2017. Teknik sensus (complete enumeration) merupakan teknik sampling penelitian. Pengujian penelitian berikut menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil uji parsial (uji t) penelitian yakni tidak ditemukan pengaruh signifikan antara ROA terhadap Pertumbuhan Laba (PL) serta ROE terhadap Pertumbuhan Laba (PL). Akan tetapi, pengujian PER dalam uji parsial terbukti dapat mempengaruhi serta signifikan terhadal Pertumbuhan Laba (PL). Hasil analisis juga menunjukkan jika secara bersama (simultan) ROA, ROE dan PER berpengaruh terhadap pertumbuhan laba. Hasil R Square test sebesar 0,896 yang bermakna jika 89,6% variabel indpendent berpengaruh terhadap variabel dependent, namun 10,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Biografi Penulis

Mar’atus Saidah, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Referensi

Andriyani, Ima. 2015. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Penelitian. Palembang : Universitas Tridinanti.

Brealey et.al. 2007. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

Cahyadi, Fransiskus Henry. 2017. Analisis Pengaruh CR, DER, NPM, TATO Dan Keuangan. Jakarta : Kencana.

Sari et al. 2017. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Dan Ukuran Aset Pada Pertumbuhan Laba Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2010- 2013. Jurnal Penelitian. Jember : Universitas Jember.

Simamora, Henry. 2000. Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnsi Jilid II. Jakarta : Salemba Empat.

Supriyanto. 2009. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta : PT. Indeks.

Utami, Tri Karunia. 2016. Kemampuan Informasi Rasio Keuangan Dalam Mempengaruhi Pertumbuhan Laba Di Masa Mendatang Pada Perusahaan LQ-45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi. Surabaya : Universitas Airlangga

Diterbitkan

2019-10-28