PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PENAGIHAN PIUTANG (KLAIM) PASIEN RAWAT JALAN DAR ASURANSI BPJS PADA KLINIK PUTRI RAHAYU SURABAYA

Penulis

  • Retno Syafitri Indriani Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.595

Abstrak

Sistem informasi akuntansi merupakn hal yng sngat pnting yang dibutuhkan oleh manajemen serta pemakai lainnya. Dengan sistem informasi akutansi yng baik akan dapat mnghasilkan informasi akutansi yng akurat dan bermanfaat bagi pemakainya. Dalam upaya mencapai tujuannya suatu entitas atau organisasi harus mampu mengelola sistem akuntansinya yang berkaitan dengan segala macam kegiatan tersebut. Objek penelitian di Klinik Putri Rahayu Surabaya merupakan lembagga yng bergeraak di bidng pelayanan kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan sistem penagihan piutang (klaim) pasien rawat jalan dengan asuransi BPJS di Klinik Putri Rahayu dan untuk mengetahui apa saja yang telah menjadi hambatan dan upaya dalam penagihan piutang (klaim) di Klinik Putri Rahayu Surabaya. Hasil penelitian disimpulkan bahwa sistem penagihan piutang (klaim) pasien BPJS menggunakan sistem primary care BPJS. Primary Care merupkan sistem iformasi playanan pasen yng ditjukan utuk pasen bertatus BPJS bebasis kmputer dan oline.

Biografi Penulis

Retno Syafitri Indriani, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas Ekonomi

Referensi

Hery. (2013). Auditing (Pemeriksaan Akuntansi I),Cetakan Pertama, Jakarta :CAPS (Center of Academic Publishing Service).

Horngren, Charles T., Walter T, Harrison Jr & Linda Smith, Bamber. (2006). Akuntansi Jilid 1. Edisi Keenam, Jakarta.

Kieso, Donald E., Jerry J. Weyga ndt, dan

Terry D. Warfield, (2007). Akuntansi Intermediete, Terjemahan Emil Salim, Jilid 1, Edisi Kesepuluh, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kieso. (2014). Accounting PrinciplesPengantar Akuntansi Edisi 7Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat.

Marshall B. Romney dan Paul John Steinbart. (2014). Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information Systems (Edisi 13): Prentice Hall.

Mullyadi. (2013). Sitem Akutansi, Salemba Empat: Jakarta.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2019-10-28