Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Failitas terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di PUKESMAS

Yolanda Yolanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien (2) pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pasien (3) pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas secara silmutan terhadapi kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam observasi ini yaitu orang yang berobati di pukesmasi driyorejo. Jumlah sampel penelitian 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metodei accidentali samplingi yaitu yang di buati dengan menggunakan siapa saja yang ditemui secara kebetulan sebagai sampel. Tekniki pengumpulan data kuesioner dengan memberikan daftar pernyataan kepada responden. Penelitian ini menggunakan alati regresi linier berganda memakai program SPSS 22.0 for  windows. Hasil analisis data diperoleh bahwa kualitas pelayanan secara persial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Hal ini dapati dilihat dari nilai thitungi 1,876 < tasbel 1,98498 dan nilai signifikan sebesar 0,064 < 0,05. Sedangkan fasilitas berpengaruh dan tidak signifikan terhadap  kepuasan  pasien. Hal ini dpati dilihat dari thitung 0,779 < ttabel sebesar 1,98498 dan nilai signifikan sebesari 0,0438 < 0,05. Dengan demikian dapati disimpulakan bahwa secara  simultan ataupun bersama-sama variabel kualitas dan fasilitasi berpengaruh positifi dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,230. Artinya kedua variabel kualitas pelayanan dan fasilitas secara bersama-sama mempunyai prosentasi keeratan Sebesar 23% terhadap kepuasan pasien, sedangkan sisanya 77% di pengaruhi oleh variabel lainnya yang taki tercantum dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Azzahroh, T. (2017) ‘pengaruh mutui pelayanan kesehatani terhadapi tingkati kepuasan pasieni rawati inap di ruangi dewasa umum rumah sakiti X kabupaten gresik’, 12(2), pp. 99–111.

Dan, F. and Pelanggan, N. (2019) ‘KEPUASAN PASIEN ( STUDI PADAi PASIEN RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT PKU MUHAMADIYAH GOMBONG )i SKRIPSI’.

Dayle Dalam Sudaryono, 2016. Tentang teori pemasaran. Repository.

Dent, C. (no date) ‘thei influence ofi service qualityi towardsi patienti ’i s’, 10(2), pp. 78–85.

Dr. Sudaryono.(2018)i ‘Manajemen Pemasaran’. Teorii dan Implementasi. Banten: Andi.

Ekonomi, M. (2018) ‘Pengaruh kualitasi pelayanan dan fasilitas terhadapi kepuasan pasieni dii rumah sakiti islami (rsi) sitii rahmahi (’, IV(2), pp. 96–103.

Fitri nova, rahadi (2015) ‘pengaruh kualitasi pelayanani terhadapi kepuasan pasien rawati inapi pada rumah sakiti pkui muhammdiyah surakarta’.

Indriaty, D. R., Ekonomi, F. and Diponegoro, U. (2017) ‘Analisis pengaruh tingkati kualitas pelayanan jasa puskesmas terhadap kepuasan pasien’.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/prosiding.v1i0.592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.