TINJAUAN HUKUM TERHADAP PIDANA PEMILU SERENTAK DI INDONESIA

Authors

  • Trimuda Ancas Wicaksono Universitas Maarif Hasyim Latif
  • M. Zamroni Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Aang Kunaifi Universitas Maarif Hasyim Latif

Keywords:

Pemilu Serentak. Penanganan Pelanggaran, Bawaslu Jawa Timur, Sentra Gakkumdu

Abstract

Pemilihan Umum (Pemilu) di negara kita dikenal dalam 2 (dua) bentuk yaitu untuk nomenklatur Pemilihan Umum itu sendiri dalam rangka memilih Presiden atau Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden atau disingkat Pilpres, Pemilihan Legislatif tingkat pusat yang terdiri dari DPR dan DPD serta Pemilhan Legislatif tingkat daerah yang terdiri dari DPRD Tk. 1 (tingkat Provinsi) dan DPRD Tk, II (tingkat Kaupaten/Kota) dan bentuk yang kedua yakni dengan nomenklatur Pemilihan saja yakni melakukan  Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) di masing-masing daerah. Baik Pemilu maupun Pilkada yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 nanti, dilaksanakan secara serentak dalam waktu satu tahun pada tahun 2024. Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 Pemilihan Umum menyatakan bahwa pemilihan akan dilaksanakan masing-masing pada 29 November 2024 dan 14 Februari 2024. Masalah pertama yang akan menjadi fokus adalah pengaturan tindak pidana pemilu dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2023 tentang Pemilihan Umum. Undang-undang ini mengatur jenis-jenis tindak pidana pemilu yang lazim terjadi, serta tata cara pertanggungjawaban pidana dan penjatuhan sanksi bagi pelakunya. juga yang kedua, khusus komponen penanganan pelanggaran pidana ras politik yang dilakukan oleh Bawaslu, untuk situasi ini, khususnya Bawaslu Provinsi Jawa Timur, yang sebenarnya diarahkan oleh Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Perbawaslu) nomor 7 Tahun 2022 tentang Perlakuan Terhadap Pelanggaran Pemilihan Umum. Di Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang 7 Tahun 2023 tentang Pemilihan Umum sendiri diatur bahwa mekanisme penegakan pidana Pemilu itu dilaksanakan oleh Sentra Gakkumdu. Bagaimana tahapan dan alur mekanisme penangan pelanggaran oleh Sentra Gakkumdu secara tersendiri diatur oleh Peraturan Bawaslu nomor 5 tahun 2020 tentang senta Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu).

Author Biographies

Trimuda Ancas Wicaksono, Universitas Maarif Hasyim Latif

Faculty of Law

M. Zamroni, Universitas Maarif Hasyim Latif

Faculty of Law

Aang Kunaifi, Universitas Maarif Hasyim Latif

Faculty of Law

References

Alfiantoro, H. “Konsep Sistem Peradilan Pidana Pemilu.” Adyasta Pemilu 1, no. 2 (2018): 135–148.

Amalina, Dheanda Azka, and Safik Faozi. “Peradilan Pidana Terhadap Tindak Pidana Pemilu Pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.” Jurnal Ilmiah Dinamika Hukum 23, no. 1 (2022): 66–78.

Ancana, Gde. “KETENTUAN PIDANA PEMILU DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM.” Jurnal Independent 7, no. 2 (2019).

Ilmu, Dosen, Hukum Stih, Pertiba Pangkalpinang, Pendahuluan Bergeraknya, M P R Ri, Wakil Presiden, and M P R Ri. “PENGUATAN SENTRAGAKKUMDU SEBAGAI INSTRUMEN INSTITUSIONAL PENEGAKAN HUKUM PEMILU Yandi Abstrak Lahirnya Amandemen UUD 1945 Membawa Konsekuensi Bagi Sistem Ketata- Negaraan Dan Demokrasi Di Indonesia . Salah Satu Perubahan Tersebut Adalah Dengan Adanya Pemi” 7 (2021): 183–194.

Junaidi, Muhammad. “Penegakan Hukum Terpadu Criminal Election and Regional Head Election By.” Jurnal Ius Constituendum 5, no. 2 (2020): 220–234.

———. “TINDAK PIDANA PEMILU DAN PILKADA OLEH SENTRA PENEGAKAN HUKUM TERPADU.” Jurnal Ius Constituendum 5, no. 2 (2020).

Maulana, Romi. “Desain Khusus Hukum Pidana Pemilihan Umum Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.” Indonesian Journal of Criminal Law and Criminology (IJCLC) 2, no. 3 (2021).

Sarah Bambang, Sri Setyadji, and Aref Darmawan. “Penanganan Tindak Pidana Pemilu Dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu).” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi 2, no. 2 (2021).

Tahun, Nomor, Tentang Pemilihan, and Nina Yuliawati. “Literacy : Jurnal Ilmiah Sosial EFEKTIVITAS PENANGANAN TINDAK PIDANA PEMILU OLEH GAKUMDU BERDASARKAN UNDANG-UNDANG” 3, no. 1 (2021): 71–89.

Downloads

Published

2023-01-03