Wewenang Satuan Polisi Pamongpraja Terhadap Penerapan Disiplin Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Virus Covid-19

Authors

  • Dwi Prasetya Yulianto Universitas Maarif Hasyim Latif
  • M. Zamroni Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Hariadi Sasongko Universitas Maarif Hasyim Latif

Keywords:

Satpol PP, Protokol Kesehatan, Covid-19

Abstract

Dalam dunia medis itu merupakan suatu yang terpenting untuk bagi kelanjutan hidup manusia yang ada di muka bumi, karena dengan tubuh yang sehat bisa untuk melakukan segala macam aktivitas dengan lebih baik, akan tetapi jika terjadu saat di dunia ini dikagetkan dengan adanya penyakit Covid-19 di akhir tahun bulan Desember 2019, hal ini disebabkan adanya virus corono yang bisa jatuhnya korban jiwa bahkan mengakibatkan kematian pada manusia dari berbagai negara. Penelitian hukum normatif yang digunakan sebagai analisis ini dibentuknya suatu karakteristik yang secara khusus ilmu hukum tersebut yang letaknya dalam metode penelitian adalah penelitian yang sifatnya yuridis normative. Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Timur pada melaksanakan kegiatan yang cocok pada Pergub No. 53 Th. 2020 dalam menegakkan disiplin protokol kesehatan yang sebagaimana telah diupayakan untuk melakukan pencegahan dalam pengendalian dari kasus wabah corona disease 19, adapun sudah cocok pada peraturan yang telah dijelaskan. Dalam penegakan hukum sesuai dengan melakukan dari anggota Pemprov Jawa Timur yang melalui gugus tugas yaitu Satpol PP telah melaksanakan dengan menerapkan tindakan yang hendak diberikan pada pelanggar kebijakan.

Author Biographies

Dwi Prasetya Yulianto, Universitas Maarif Hasyim Latif

Faculty of Law

M. Zamroni, Universitas Maarif Hasyim Latif

Faculty of Law

Hariadi Sasongko, Universitas Maarif Hasyim Latif

Faculty of Law

References

Soekanto, Soerjonno. Pengantaar Peneliitian Hukuum, Jakartaa : Uniiversitas Iindonesia, 2010

Mahmud Marzuki, Peter. Penelitian Hukum Edisi Pertama, Cet. VII, Jakarta : Kencana Prenada Media Grub, 2005

HR, Ridwan. Hukum Administrasi Negara, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2013

Pantororing, Aprilia B. T. “Pemberlakuan Sanksi Administrasi Terhadap Pejabat Pemerintahan Yang Melanggar Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan” Jurnal Lex Administratum 6, No. 3 (2018): 107

Situmeang, Tomson. “Keberadaan Denda Administratif Terkait Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan PSBB Dalam Penanganan Covid-19 Di Provinsi Dki Jakarta” Jurnal Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia 6, No.2 (2020): 166

Susanto, Sri Nur Hari. “Karakter Yuridis Sanksi Hukum Administrasi: Suatu Pendekatan Komparasi” Adminitrative Law & Governance Journal 2, No.1 (2019): 139.

Adam et al., “Penegakan Hukum Terhadap Pelanggaran Protokol Kesehatan Yang Dilakukan Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Ambon,” 78.

Ulfa, Isnaeni, and Taufik, “Penegakan Hukum Terhadap Pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19 Di Kabupaten Trenggalek,”.

Downloads

Published

2023-08-04

Issue

Section

Articles