PENGARUH PERBANDINGAN CDI BRT DAN CDI STANDART TERHADAP EMISI GAS BUANG DENGAN PERFORMA MESIN SUZUKI SATRIA F150 2012

Authors

  • Bagus Rizki Pratama

DOI:

https://doi.org/10.51804/mmej.v3i2.873

Keywords:

daya, emisi gas buang dan torsi

Abstract

Perkembangan Teknologi pada saat ini yang maju sangat pesat mendorong manusia untuk selalu menciptakan inovasi dan teknologi di bidang otomotif khususnya untuk kendaraan roda 2  ( motor ). Sistem pengapian contonya salah salah satu komponen yang maju sangat pesat pada jaman sekarang, karena sistem pengapian sangat berpengaruh pada motor untuk balap dan mendapakan unjuk kerja mesin lebih meningkat. Jaman dulu sistem pengapian menggunakan sistem konfensional yaitu platina, seiring berjalannya waktu sistem ini mulai tidak di jaman sekarang , pada pengguna motor baru saat ini apalagi dunia balap yang ada di indonesia mereka lebih sering menggunakan sistem pengapian CDI (capasitor discharger ignition) berawal dari sistem pengapian CDI AC (alternating current) hingga berkembang menjadi sistem pengapian DC (direct current).Dan sistem ini pun mempunyai banyak tipe seperti : Limiter , unlimiter dualbrand maupun progammable. Dan sistem pengapian ini akan di coba pada motor suzuki satria f150,untuk mengetetahui seberapa besar performa masin pada sistem pengapian CDI limiter dan Unlimiter. penelian ini berbentuk perbandingan antara Sistem pengapian limiter dan unlimiter dan hasil akan di tampilkan dengan tabel dan grafik.

References

Afifah, Y. N. (2016). Aliran Tak Tunak Fluida Nano Magnetohidrodinamik (MHD) Yang Melewati Bola Teriris.

Afifah, Y. N. (2019). (2019). Analysis of Unsteady Magneto Hydro Dynamic ( MHD ) Nano Fluid Flow Past A Sliced Sphere Analysis of Unsteady Magneto Hydro Dynamic ( MHD ) Nano Fluid Flow Past A Sliced Sphere. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 494, 012033. https://doi.org/10.1088/1757-899X/494/1/012033

Afifah, Y. N., & Putra, B. C. (2018). Model Matematika Aliran Tak Tunak Pada Nano Fluid Melewati Bola Teriris Dengan Pengaruh Medan Magnet. Teknika: Engineering and Sains Journal, 2(2), 119–124.

Arismunandar, Wiranto .2005. Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung: Penerbit ITB

Daryanto. 2002. Teknik Reparasi dan Perawatan Sepeda Motor. Jakarta : Bumi Aksara.

Dhysa Gitta Prasetya (2013). “Perbandingan Unjuk Kerja antara Motor yang Mempergunakan CDI Limiter dengan yang Mempergunakan CDI Unlimiter(Studi Kasus pada Honda Megapro 160 cc)”.

Gunawan, E., Choifin, M., Khoirul Rosidin, M., Nur Afifah, Y., Lestariningsih, W., Sungging Pradana, M., … Makki, A. (2019). Analysis of the Effect of Current Flow Variations in GTAW on SS 400 Plate Material Connected with SUS 304 Stainless Steel Plate Against Tensile Strength and Hardness with ER308L Electrodes. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012277

Hidayat, Wahyu. 2012. Motor Bensin Modern. Jakarta: Rineka Cipta

Jama, Jalius dan Wagino. 2008. Teknik Sepeda Motor Jilid 1. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional

Prestasi Mesin 4 Langkah. Forum Teknik Vol.32, No.3 Hal 221-231.

Qomarudin, M. H., Metyana, A. C., & Afifah, Y. N. (2020). Analisis Kestabilan dan Travelling Wave pada Model Penyebaran Virus Ebola. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(2), 369. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i2.441

Raharjo, D. A. (2020). KINERJA MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR SUZUKI THUNDER 125 CC. 3, 23–28.

Rahman, F. N. (2020). ANALISA VARIASI CAMPURAN PERTAMAX DAN METHANOL ( BLENDING ) TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR HONDA MEGAPRO BORE UP 210 CC TAHUN. 3, 37–41

Yunita Nur Afifah, MNH Qomarudin, & Imamatul Ummah. (2020). Optimal Control Model Pemanenan Prey-Predator di Area Konservasi Ikan. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i1.2410

Downloads

Published

2020-12-29