MODIFIKASI DONGKRAK SCREW MEKANIS MENJADI DONGKRAK SCREW ELEKTRIK KAPASITAS 1 TON MENGGUNAKAN WIRELESS REMOTE CONTROL

Authors

  • Muchamad Masshuri

DOI:

https://doi.org/10.51804/mmej.v2i2.620

Keywords:

dongkrak, gearbox, limit switch, motor DC, remote control, saklar

Abstract

Dongkrak screw mekanis adalah suatu alat angkat yang dapat digunakan oleh pengemudi mobil saat terjadi kerusakan, terutama pada saat roda kendaraan bocor. Karena bentuk dan desain dongkraknya, maka tidak semua orang dapat dengan mudah memakai dongkrak ini terutama para wanita. Sehingga dilakukan pemodifikasian dongkrak screw mekanis menjadi dongkrak screw elektrik dengan menambahkan remote control. Dan pemodifikasian ini dapat mempermudah pekerjaan karena cepatnya proses pengangkatan mobil, serta tidak menimbulkan kelelahan karena melakukan gerakan yang sama berulang kali, cukup hanya dengan menekan tombol remote dan mobil pun bisa bergerak naik. Dan nantinya hasil modifikasi ini akan di uji cobakan pada mobil yang sesungguhnya. Pemodifikasian dongkrak ini dilakukan dengan cara menambahkan gearbox dan motor dc, dan remote control. Prinsip kerja dongkrak screw elektrik adalah putaran dari motor dc direduksi oleh gearbox dan diteruskan ke batang ulir pada dongkrak, dan mengirimkan sinyal pada modul remote control. Sedangkan berasal dari sumber tenaga baterai mobil itu sendiri. Bisa dengan cara dijepitkan langsung ke aki mobil, atau dicolokkan ke arus listrik yang ada pada dashboard mobil. Hasil perhitungan dan pengujian menunjukkan bahwa dongkrak screw hasil modifikasi dapat bekerja dengan baik, dengan gaya angkat sebesar 3048 kg, dan rata – rata waktu angkat 39.5 detik dan tinggi angkat 28,2 cm, dengan tegangan rata- rata tanpa beban 3,24A dan dengan beban 7,15A

References

Affandi, I. (2009). Analisa Seting Relai Arus Lebih dan Relai Gangguan Tanah Pada Penyulang Sadewa DiGicawang. Depok.

Afifah, Y. N. (2016). Aliran Tak Tunak Fluida Nano Magnetohidrodinamik (MHD) Yang Melewati Bola Teriris.

Afifah, Y. N. (2019). (2019). Analysis of Unsteady Magneto Hydro Dynamic ( MHD ) Nano Fluid Flow Past A Sliced Sphere Analysis of Unsteady Magneto Hydro Dynamic ( MHD ) Nano Fluid Flow Past A Sliced Sphere. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 494, 012033. https://doi.org/10.1088/1757-899X/494/1/012033

Afifah, Y. N., & Putra, B. C. (2018). Model Matematika Aliran Tak Tunak Pada Nano Fluid Melewati Bola Teriris Dengan Pengaruh Medan Magnet. Teknika: Engineering and Sains Journal, 2(2), 119–124.

Akbar, N. I. (2016). Modifikasi dongkrak mekanik menjadi elektromekanik kapasitas 2 ton. Universitas pasundan bandung.

Arafat, Y. & M. (2015). Dongkrak Mobil Otomatis Bantu Pemilik Mobil.

Fitra, R. (2017). Modifikasi Dongkrak Ulir Menjadi Dongkrak Ulir Elektrik. politeknik Negeri Padang.

Laksono, S. (2017). Perencanaan modifikasi dongkrak ulir botol menjadi dongkrak elektrik. Universitas nusantara pgri kediri.

Pambudi, A. A. (2016). Dongkrak Elektrik Dengan Kontrol Smartphone Android Menggunakan Media Koneksi Bluetooth. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Pandoyo, T. G. (2013). Perencanaan Gearbox Dan Perhitungan Daya Motor Pada Modifikasi Dongkrak Ulir Mekanis Menjadi Dongkrak Ulir Elektrik. Universitas Lampung.

Sularso. (1991). Dasar –Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.

Wijaya, H. S. (2014). Rancang Bangun dongkrak Gunting Elektrik Pada Mobil. Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang.

Yunianto, A. (2017). Modul Limit Switch Dan Sensor Pada Pneumatik Dan Elektro Pneumatik.

Downloads

Published

2019-12-18