RANCANG BANGUN MESIN PENGUPAS KULIT ARI KEDELAI DENGAN KAPASITAS 180KG/JAM UNTUK INDUSTRI TEMPE

Mohammad Zainur Rozikin, Muchamad Umar

Abstract


Proses pemecah biji kedelai dengan cara tradisional mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, karena selain hasilnya relativ sedikit, juga masih menggunakan tenaga manusia untuk pemecahan biji kedelai. Selain itu, mesin pengupas biji kedealai yang ada di pasaran kebanyakan ditujukan untuk industri besar, sehingga selain harganya yang mahal dan hasilnya juga terlalu banyak jika digunakan untuk industri kecil rumah tangga. Hal ini yang mendorong penulis untuk merancang dan membuat suatu alat pemecah/pengupas kulit kedelai yang berfungsi sebagai alat yang merubah biji kedelai yang semula berupa biji kedelai kemudian diubah menjadi bahan baku tempe. Mesin pemecah biji kedelai ini dirancang untuk industri rumah tangga dengan motor listrik sebagai penggeraknya. Diharapkan dengan adanya mesin pemecah biji kedelai dengan motor listrik sebagai penggeraknya, dapat membantu masyarakat dalam pembuatan tempe. Tenaga manusia (pekerja) hanya untuk memasukkan biji kedelai kedalam corong mesin. Seiring dengan bertambah majunya perkembangan didunia teknologi sehingga mengubah pemikiran bagaimana caranya mengurangi beban kelelahan dalam pekerjaan yang sangat keras sehingga dapat mengerjakan beban yang sangat keras dan melelahkan dapat teratasi. Penentuan dan perakitan bagian- bagian dari mesin pengupas kulit ari kedelai ini disesuaikan dengan bahan yang sesuai dengan bahan yang terdapat dipasaran. Rancang bangun mesin pengupas kulit ari kedelai yang telah dibuat ini merupakan rancang bangun sederhana yang hanya menggunakan motor berdaya kecil sebagai penggerak belt yang memutar,dan batu gerinda sebagai pisau pengupasnya. Mesin pengupas kulit ari kedelai ini mampu mengupas dan memecah kulit ari kedelai sebanyak 180 kg/jam dengan putaran mesin pengupas 410,3 rpm dengan daya ¼ pk dan gaya gesek 5,90 newton dengan koefisien gesek 1,2.


Keywords


Batu Gerinda, Kedelai, Mesin, Pengupas Kulit , Tempe

Full Text:

PDF

References


Afifah, Y. N. (2016). Aliran Tak Tunak Fluida Nano Magnetohidrodinamik (MHD) Yang Melewati Bola Teriris.

Annas, M. S. (2002). Penyusunan Matriks Morfologimesin Pengupas Kulit Ari Kacang Kedelai. Makalah Pengantar Falsafah Sains (PPS702). Program Pasca Sarjana. Institut Pertanian Bogor.

Anggara. A., Rizal. N. (2009). Perencanaan dan pembuatan mesin pengupas kulit ari biji kedelai dengan penggerak motor listrik. Laporan tugas akhir Diploma III. Politeknik Samarinda.

Ramadhani, I. (2016). Perancangan Mesin Pengupas Kulit Ari Biji Kedelai. Yogyakarta.

Sugandi, W. K., Sufyandi, A., Herwan, A. (2007). Perancangan Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Kedelai. Universitas Padjajaran. Bandung

Wardjito, W., Suyadi, S. (2014). Desain Rancang Bangun Mesin Pemecah Dan Pemisah Kulit Ari Kedelai Dengan Kapasitas 60 Kg/Jam Yang Terintegrasi Dalam Satu Proses Kerja. Jurnal Keilmuan Dan Terapan Teknik, 3(3), 57-70




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/mmej.v1i1.445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN CETAK   : 2622-8262
ISSN ONLINE : 2622-6170

Creative Commons License

MMEJ  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


PENERBIT      : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif  

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257
  031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: mechonversio@umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/mechonversio


INDEXING     :