RANCANG BANGUN ALAT UJI IMPACT METODE CHARPY

Authors

  • Mochammad Khoirul Huda Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Galih Setia Aji

DOI:

https://doi.org/10.51804/mmej.v1i1.348

Keywords:

Energi Potensial, Metode Charpy, Tegangan Geser, Tegangan Lentur, Pengujian Impact

Abstract

Pengujian impact merupakan suatu pengujian untuk mengukur ketahanan bahan terhadap beban kejut. Pengujian impact ini mensimulasikan kondisi operasi material yang sering ditemui dimana beban tidak selamanya terjadi secara perlahan-lahan melainkan datang secara tiba-tiba. Tujuan yang ingin dicapai dalam perancangan ini adalah untuk menyempurnakan alat uji impact dengan metode charpy dengan menyesuaikan standard alat uji impact metode charpy yang sudah ada di salah satu laboratorium universitas di surabaya dan juga yang ada di pasaran. Perancangan ini menghasilkan alat uji impact metode charpy yang dapat mendukung parktikum uji impact di laboratorium teknik Mesin Universitas Ma’arif Hasyim Latif Sepanjang Sidoarjo. Hasil akhir dari perancangan alat uji impact metode charpy ini adalah mempunyai dimensi alat dengan ukuran 1143mm x 400 mm x 1180 mm, mendapatkan Energi Potensial sebesar 263.89 Joule, mendapatkan momen pada poros penggerak pendulum sebesar M = 7729,2 Nmm, dan mengalami Tegangan Lentur (?a) sebesar . Dan juga mengalami Tegangan Geser (?a) sebesar .


Author Biography

Mochammad Khoirul Huda, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Mesin

References

Afifah, Y. N. (2016). Aliran Tak Tunak Fluida Nano Magnetohidrodinamik (MHD) Yang Melewati Bola Teriris.

Handoyo Yopi, (2013). Perancangan Alat Uji Impak Metode Charpy Kapasitas 100 Joule. Universitas Islam 45. Jurnal Imiah Teknik Mesin, 1(2), 45-53.

Hardiana, F., Budiman, H., Samantha, Y. (2000). Perancangan Alat Uji Impak Metode Charpy Dan Izod. Universitas Majalengka. 248-252

http://jurnal.unma.ac.id/index.php/ST/article/view/249/233

Umam Nasrul. (2015). Analisis Uji Impact Pada Baja St60 Dengan Variasi Ketebalan Lapisan Karbon Fiber Untuk Aplikasi Kerangka Mobil Listrik. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Wardani, C.U., Samantha Y., Budiman H. (2000). Analisis Pengujian Impak Metoda Izod Dan Charpy Menggunakan Benda Uji Alumunium Dan Baja St37. Fakultas Teknik, Universitas Majalengka.

Downloads

Published

2018-12-31