ANALISIS PENGARUH PIPA INNER SEBAGAI KATALIS METANOL DENGAN MEMANFAATKAN ENERGI PANAS YANG TERBUANG

Authors

  • Dani Hari Tunggal Prasetiyo Universitas Panca Marga
  • Djoko Wahyudi Universitas Panca Marga

DOI:

https://doi.org/10.51804/mmej.v5i1.1809

Keywords:

Pipa inner, Metanol, Emisi Gas Buang, Performa Kendaraan

Abstract

Pertumbuhan populasi kendaraan yang semakin meningkat, menimbulkan emisi gas buang yang dapat mencemari lingkungan dan menggangu kesehatan manusia. Pengembangan teknologi pada kendaraan merupakan upaya dalam mengurangi emisi gas buang dan mengoptimalkan performa kendaraan. Salah satu pengembangan teknologi yang dapat dilakukan adalah penggunaan pipa inner sebagai katalis metanol yang akan digunakan sebagai campuran bahan bakar. Pipa katalis berfungsi untuk memecah atom hidrokarbon menjadi atom hidrogen (H) dan karbon (C) pada metanol. Pengujian dilakukan dengan menambahkan pipa inner dengan memvariasikan putaran mesin (rpm). Hasil pengujian adalah performa mesin dan emisi gas buang kendaraan yang dihasilkan. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan pipa inner diperoleh data nilai torsi tertinggi sebesar 10,7 N.m, nilai daya efektif tertinggi sebesar 7,9 N.m, kadar HC terendah sebesar 67 ppm, kadar CO terendah sebesar 0,32%, kadar CO2 terendah sebesar 1,9%. Penguj

Author Biography

Dani Hari Tunggal Prasetiyo, Universitas Panca Marga

Universitas Panca Marga

References

Akhsan, M. N. (2016). ...Crack System (Hcs) Dengan Bahan Bakar Premium Dan Pertamax Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor

Supra X 125 Tahun ... https://lib.unnes.ac.id/27712/%0Ahttp://lib.unnes.ac.id/27712/1/5202412069.pdf

Hetharia, M. (2012). Analisa Pengaruh Kapasitas Udara Untuk Campuran Bahan Bakar Terhadap Prestasi Mesin Diesel. Arika, 06(1).

Hidayat, M. M. (2017). PENGARUH CAMPURAN BAHAN BAKAR PREMIUM DAN SPIRITUS TERHADAP KARAKTERISTIK BAHAN BAKAR DAN PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR.

Mahendra, S., Fatra, F., Riszal, A. R., & Rohmantoro, D. (2019). Penghemat Bahan Bakar Dengan Menggunakan Pipa Katalis Metode Hydrocarbon Crack System Ganda Pada Sepeda Motor 4 Tak 160 Cc. Gorontalo Journal of Infrastructure and Science Engineering, 2(2),1. https://doi.org/10.32662/gojise.v2i2.692

Mastur, Setiawan, K., & Susanto, T. D. (2018). Desain Kritis Pipa Katalis Berbahan Copper Dan Aluminium Pada Hydrocarbon Crack System (HCS) Untuk Optimasi Pembakaran Motor Bensin dan Penurun Emisi Gas Buang.

Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 688–696.

Nurdjanah, N. (2015). EMISI CO2 AKIBAT KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA DENPASAR CO2 EMISSIONS FROM VEHICLE IN DENPASAR. Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering ASCE, 120(11), 259.

Prasetiyo, D. H. T., Ilminnafik, N., & Junus, S. (2019). The Flame Characteristics of Diesel Fuel Blend with Kepuh (Sterculia Foetida) Biodiesel. Journal of Mechanical Engineering Science and

Technology, 3(2), 70–80. https://doi.org/10.17977/um016v3i22019p

Putri, R. A., Muhammad, A., & Ishak, I. (2018). Optimasi Proses Pembuatan Biodiesel Biji Jarak Pagar (Jatropha Curcas L.) Melalui Proses Ekstraksi Reaktif. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 6(2), 16. https://doi.org/10.29103/jtku.v6i2.472

Riyadi, N. S. (2020). Pengaruh Campuran pertalite dan Metanol Terhadap Daya dan Torsi Mesin Bensin 4 Langkah 100 CC. 92.

Sa’adah, A. F., Fauzi, A., & Juanda, B. (2017). Peramalan Penyediaan dan Konsumsi Bahan Bakar Minyak Indonesia dengan Model Sistem Dinamik. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 17(2), 118–137. https://doi.org/10.21002/jepi.v17i2.661

Said, L. B., H, S. M., & Sriwati. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Kendaraan Dan Kapasitas Jalan Terhadap Kemacetan Di Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan. Fly Over, 3(1), 79–86.

Sinaga, N., & Rifal, M. (2017). Pengaruh Komposisi Bahan Bakar Metanol-Bensin Terhadap Torsi Dan Daya Sebuah Mobil Penumpang Sistem Injeksi Elektronik 1200 CC. Rotasi, 19(3), 147. https://doi.org/10.14710/rotasi.19.3.147-155

Susilo, S. H., Suharono, M. F., Rarindo, H., & Wicaksono, H. (2020). Analisa Campuran Metanol–Pertalite Terhadap Kinerja Dan Suhu Kerja Motor. Jurnal Energi dan Teknologi Manufaktur (JETM), 3(01), 27–34.

https://doi.org/10.33795/jetm.v3i01.53

Downloads

Published

2022-06-29

Issue

Section

Articles