ANALISIS PENGARUH PIPA INNER SEBAGAI KATALIS METANOL DENGAN MEMANFAATKAN ENERGI PANAS YANG TERBUANG
DOI:
https://doi.org/10.51804/mmej.v5i1.1809Keywords:
Pipa inner, Metanol, Emisi Gas Buang, Performa KendaraanAbstract
Pertumbuhan populasi kendaraan yang semakin meningkat, menimbulkan emisi gas buang yang dapat mencemari lingkungan dan menggangu kesehatan manusia. Pengembangan teknologi pada kendaraan merupakan upaya dalam mengurangi emisi gas buang dan mengoptimalkan performa kendaraan. Salah satu pengembangan teknologi yang dapat dilakukan adalah penggunaan pipa inner sebagai katalis metanol yang akan digunakan sebagai campuran bahan bakar. Pipa katalis berfungsi untuk memecah atom hidrokarbon menjadi atom hidrogen (H) dan karbon (C) pada metanol. Pengujian dilakukan dengan menambahkan pipa inner dengan memvariasikan putaran mesin (rpm). Hasil pengujian adalah performa mesin dan emisi gas buang kendaraan yang dihasilkan. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan pipa inner diperoleh data nilai torsi tertinggi sebesar 10,7 N.m, nilai daya efektif tertinggi sebesar 7,9 N.m, kadar HC terendah sebesar 67 ppm, kadar CO terendah sebesar 0,32%, kadar CO2 terendah sebesar 1,9%. PengujReferences
Akhsan, M. N. (2016). ...Crack System (Hcs) Dengan Bahan Bakar Premium Dan Pertamax Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor
Supra X 125 Tahun ... https://lib.unnes.ac.id/27712/%0Ahttp://lib.unnes.ac.id/27712/1/5202412069.pdf
Hetharia, M. (2012). Analisa Pengaruh Kapasitas Udara Untuk Campuran Bahan Bakar Terhadap Prestasi Mesin Diesel. Arika, 06(1).
Hidayat, M. M. (2017). PENGARUH CAMPURAN BAHAN BAKAR PREMIUM DAN SPIRITUS TERHADAP KARAKTERISTIK BAHAN BAKAR DAN PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR.
Mahendra, S., Fatra, F., Riszal, A. R., & Rohmantoro, D. (2019). Penghemat Bahan Bakar Dengan Menggunakan Pipa Katalis Metode Hydrocarbon Crack System Ganda Pada Sepeda Motor 4 Tak 160 Cc. Gorontalo Journal of Infrastructure and Science Engineering, 2(2),1. https://doi.org/10.32662/gojise.v2i2.692
Mastur, Setiawan, K., & Susanto, T. D. (2018). Desain Kritis Pipa Katalis Berbahan Copper Dan Aluminium Pada Hydrocarbon Crack System (HCS) Untuk Optimasi Pembakaran Motor Bensin dan Penurun Emisi Gas Buang.
Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 688–696.
Nurdjanah, N. (2015). EMISI CO2 AKIBAT KENDARAAN BERMOTOR DI KOTA DENPASAR CO2 EMISSIONS FROM VEHICLE IN DENPASAR. Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering ASCE, 120(11), 259.
Prasetiyo, D. H. T., Ilminnafik, N., & Junus, S. (2019). The Flame Characteristics of Diesel Fuel Blend with Kepuh (Sterculia Foetida) Biodiesel. Journal of Mechanical Engineering Science and
Technology, 3(2), 70–80. https://doi.org/10.17977/um016v3i22019p
Putri, R. A., Muhammad, A., & Ishak, I. (2018). Optimasi Proses Pembuatan Biodiesel Biji Jarak Pagar (Jatropha Curcas L.) Melalui Proses Ekstraksi Reaktif. Jurnal Teknologi Kimia Unimal, 6(2), 16. https://doi.org/10.29103/jtku.v6i2.472
Riyadi, N. S. (2020). Pengaruh Campuran pertalite dan Metanol Terhadap Daya dan Torsi Mesin Bensin 4 Langkah 100 CC. 92.
Sa’adah, A. F., Fauzi, A., & Juanda, B. (2017). Peramalan Penyediaan dan Konsumsi Bahan Bakar Minyak Indonesia dengan Model Sistem Dinamik. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia, 17(2), 118–137. https://doi.org/10.21002/jepi.v17i2.661
Said, L. B., H, S. M., & Sriwati. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Kendaraan Dan Kapasitas Jalan Terhadap Kemacetan Di Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan. Fly Over, 3(1), 79–86.
Sinaga, N., & Rifal, M. (2017). Pengaruh Komposisi Bahan Bakar Metanol-Bensin Terhadap Torsi Dan Daya Sebuah Mobil Penumpang Sistem Injeksi Elektronik 1200 CC. Rotasi, 19(3), 147. https://doi.org/10.14710/rotasi.19.3.147-155
Susilo, S. H., Suharono, M. F., Rarindo, H., & Wicaksono, H. (2020). Analisa Campuran Metanol–Pertalite Terhadap Kinerja Dan Suhu Kerja Motor. Jurnal Energi dan Teknologi Manufaktur (JETM), 3(01), 27–34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by MMEJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to MMEJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
MMEJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
MMEJ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.