RANCANG BANGUN ALAT PENCETAK RENGGINANG (STUDI KASUS UMKM DESA NANOM KABUPATEN GRESIK)

Authors

  • Dimas Aditya Putra Wardhana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya https://orcid.org/0000-0002-6470-0108
  • Mamat Septyan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ari Nur Rahman Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51804/mmej.v6i2.16434

Keywords:

Sensor, Arduino, Mesin Rengginang, Alat Cetak

Abstract

Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat dan dikeringkan dengan cara dijemur dimatahari. Di Desa Nanom Kabupaten Gresik rengginang dibuat dengan cara manual yang kemudian jika sudah siap maka dilakukan penjemuran. Rengginang dalam pembuatannya masih banyak memerlukan tenaga manusia yang apabila melakukan produksi secara banyak akan membuat manusia kelelahan dan pembuatan adonan yang kadang tidak sama diameternya. Berdasarkan permasalahan, solusi untuk mengatasinya adalah pembuatan alat pencetak rengginang yang menggunakan mikrokontroler agar mampu bekerja secara otomatis. Alat ini juga memiliki 4 sensor infrared dan 3 sensor limit switch sebagai pendeteksian objek, menggunakan mekanisme membagikan adonan, menumbuk secara otomatis dan mampu memberikan pelumasan secara otomatis. Alat ini bermanfaat untuk industri rumah tangga yang ingin memproduksi rengginang terutama di Desa Nanom Kabupaten Gresik. Pada alat pencetak rengginang ini terdapat arduino sebagai kontroler yang dapat memudahkan proses pencetakan rengginang dengan rata-rata 5 cetakan dalam 1 menit sebagaimana sebelumnya yang hanya menggunakan tangan secara manual dengan rata-rata 4 cetakan dalam 1 menit. Alat pada proyek akhir ini mampu melakukan pencetakan dengan diameter konsisten dan hemat tenaga manusia.

Author Biographies

Dimas Aditya Putra Wardhana, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Program Studi D3 - Teknologi Listrik, Fakultas Vokasi

Mamat Septyan, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Program Studi Teknologi Listrik

Ari Nur Rahman, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Program Studi Teknologi Listrik

References

Iskandar Reflianto, Widawati Enny & Goenawan Stephanus Ivan. (2020). Analisis perancangan dan pembuatan cetakan rengginang untuk mempermudah pencetakan dan memaksimalkan bentuk rengginang (studi kasus: dusun ponggang), Journal Industrial Servicess, Vol.6, No.1, hal.35-38.

Fahmi Muhammad Hanif, Nafisa Adita, Syahminan, Pradhana candra, dkk. (2022). Penerapan Modifikasi Mesin Cetak Rengginang Berbasis Mikrokontroler Pada Usaha Mikro Desa Tangkilsari Kabupaten Malang, I-Com:Indonesian Community Journal, Vol.2, No.3, hal.650.

Sirait Jantri, (2015). Desain Dan Uji Teknis Alat Cetak Kerupuk Rengginang Dalam Meningkatkan Kapasitas Produksi Dan Mengefesiensi Waktu Pencetakan, Jurnal Riset Teknologi Industri, Vol.9, No.1, hal. 41-48.

Sungkar Muhammad Sobri, Sabara Martselani Adias (2021). Rancang Bangun Alat Pres Cetak Rengginang Otomatis Berbasis Arduino Uno, Jurnal Power Elektronik, Vol.10, No 1, hal.18-22.

Downloads

Published

2024-01-13