ANALISIS PENGARUH LOKASI, PERSEPSI HARGA, PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TANAMAN HIAS DI“PASAR PUSPA AGRO SIDOARJO

Authors

  • Achmad Fathoni Rodli Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Siti Khalimah Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v3i2.940

Keywords:

Lokasi, Persepsi Harga, Promosi, Kepuasan Konsumen.

Abstract

Pada penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis (1)Pengaruh Lokasi terhadap Kepuasan” konsumen, (2)Pengaruh Persepsi Harga terhadap Kepuasan” Konsumen, (3) Pengaruh Promosi terhadap Kepuasan” Konsumen, (4)pengaruh lokasi, persepsi harga, dan“Promosi secara simultan terhadap”Kepuasan” Konsumen. “Penelitian ini merupakan” penelitian survei. “Populasi penelitian ini adalah” pelanggan Tanaman Hias di“Pasar Puspa Agro Sidoarjo” dengan populasi sebesar 150 orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 60 responden.  Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability. Teknik pengumpulan data Menggunakan kuesioner teknik “analisis data yang digunakan” adalah “Analisis Regresi Linier Berganda” dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. “Berdasarkan hasil analisis data” yang diperoleh bahwa Lokasi secara parsial “tidak berpengaruh terhadap Kepuasan” konsumen. Sedangkan Persepsi Harga dan Promosi “secara “parsial “berpengaruh positif dan signifikan terhadap” Kepuasan” konsumen”. Hal ini variabel persepsi harga dapat dilihat dari nilai thitung sebesar  3,228 > ttabel sebesar 1,67303 dengan signifikansi 0,002 < 0,05. Dan variabel promosi nilai thitung sebesar 2,153 > ttabel sebesar 1,67303 dengan signifikansi 0,036 < 0,05. Hasil “Uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar” 29,637 > Ftabel sebesar 2,18 dan nilai signifikan “sebesar 0,000 < 0,05” . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel Lokasi, Persepsi harga, “dan “Promosi “berpengaruh positif dan signifikan terhadap” Kepuasan” konsumen”. Dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien determinasi” (R2) sebesar 0,614 . Artinya, ketiga variabel lokasi, persepsi harga, dan promosi secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 61% terhadap kepuasan konsumen, sedangkan sisanya sebesar 39% merupakan sumbangan/kontribusi “variabel lain yang tidak” diamati dalam penelitian ini.

Kata kunci         : Lokasi, Persepsi Harga, Promosi, Kepuasan Konsumen.

References

Adam, 2015. Pengaruh harga, lokasi, produk, dan promosi terhadap loyalitas konsumen “dengan kepuasan konsumen sebagai variabel” mediasi, Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Arif, D., Ekonomi, F., Maarif, U., & Latif, H. (2018). PELANGGAN. 2(1).

Arif, D., Yucha, N., Setiawan, S., Oktarina, D., Martah, V., & Muttaqiin, N. (2020). Applications Of Goods Mutation Control Form In Accounting Information System: A Case

Arif, D., Rosidi, M. E., Dewi, N. N., Ekonomi, F., Maarif, U., Latif, H., & Sidoarjo, T. (2018). Intensitas Kebutuhan Konsumen Terhadap Permintaan Lpg 3 Kg Melalui Dukungan System Application And Product In Data Processing ( Sap ) Dalam Melakukan Kebijakan Supply . 2(1), 8–15

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of loan-loss provision, non-performing loans and third-party fund on capital adequacy ratio. Accounting, 7(10),943–950. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.1.013

Nugroho, M., Halik, A., & Arif, D. (2020). Effect Of Camels Ratio On Indonesia Banking Share Prices. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 101–106.

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of financial distress on stock returns , through systematic risk and profitability as mediator variables. 7, 1717–1724.

Bukhari dan Alma, 2013. “Pengaruh “kualitas “Produk, Harga dan Promosi terhadap Mie Instan Merek Sedaap pada Mahasiswa Asrama Putri Universitas Sumatera” Utara, Medan: Universitas”” Sumatera Utara.

Cahyo, Nur Afan, 2018. “Pengaruh Harga Kompetitif, Pemasaran Digital“dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian” Indohome Fiber”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Surakarta.

Daryanto, 2013. “Pengaruh “pelayanan, promosi dan lokasi” “terhadap kepuasan konsumen toko joko elektronik” di” Pati , Pati.

Fatma, Novie. 2017. ”Pengaruh Citra Merek, Harga, KualitasProduk terhadap kinerja pemasaran pada perusahaan konveksi seragam sekolah vitasari sidoarjo.” Fakultas Ekonomi. “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi” YPM, Sidoarjo.

Ghozali, 2011. “Pengaruh “Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan” Kafe Kopi Miring Semarang.” Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Harahap, Nur Zannah. 2014. “Pengaruh “kualitas “Produk, Harga dan Promosi terhadap Mie Instan Merek Sedaap pada Mahasiswa Asrama Putri” Universitas” Sumatera” Utara, Medan: Universitas Sumatera Utara.

Hasan Ali, 2013. “Pengaruh“promosi “dan “pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada” toko BNJ elektronik” Kota” Lubuklinggau, Lubuklinggau : Fakultas “Tinggi Ilmu Ekonomi Musi” Rawas.

Hasan dan Ali, 2014. “Pengaruh “kualitas “Produk, Harga dan Promosi terhadap Mie Instan Merek Sedaap pada Mahasiswa Asrama Putri Universitas” Sumatera” Utara, Medan : Universitas” Sumatera Utara.

Jhon, W. Mullins & Walker, 2012. Pengaruh “kualitas “Produk, “Harga dan Promosi terhadap Mie Instan Merek Sedaap pada Mahasiswa Asrama Putri Universitas” Sumatera” Utara, Medan: Universitas” Sumatera Utara.

Kotler dan Keller, 2013 . “Pengaruh “kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Mie Instan Merek Sedaap pada Mahasiswa Asrama Putri Universitas” Sumatera” Utara, Medan: Universitas Sumatera Utara.

Kotler , P.L . 2016 . “Pengaruh “kualitas “Produk, Harga dan Promosi terhadap Mie Instan Merek Sedaap pada Mahasiswa Asrama Putri Universitas” Sumatera” Utara, Medan: Universitas” Sumatera Utara.

Kotler dan Amstrong , 2012 . “Pengaruh “kualitas produk, harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan kartu” prabayar” telkomsel, Manado : Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kotler dan Keller , 2012. Pengaruh “kualitas “produk, “harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan” kartu” prabayar” telkomsel, Manado : Universitas Sam Ratulangi Manado.

Lupiyoadi dan Rambat, 2013 . “Pengaruh “kualitas “Produk, Harga dan Promosi terhadap Mie Instan Merek Sedaap pada Mahasiswa Asrama Putri Universitas” Sumatera” Utara, Medan: Universitas” Sumatera Utara.

Nurhayati, 2017. “Pengaruh Harga Kompetitif, Pemasaran Digital “dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian” Indohome Fiber”. “Fakultas Ekonomi dan Bisnis” Islam, Surakarta.

Nurzannah , Harahap , 2018 . Ekonomi dan Bisnis, Medan : Universitas Sumatera Utara.

“Pamungkas dan Zuhroh”, 2016 .” Pengaruh Harga Kompetitif, Pemasaran Digital “dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian” Indohome Fiber”. “Fakultas Ekonomi dan Bisnis” Islam, Surakarta.

Rina, 2016. Hukum Ekonomi Islam, Cirebon : “Fakultas Syariah dan Ekonomi” Islam.

Ratnasari dan Aksa, 2011. Pengaruh harga, lokasi, produk, dan promosi terhadap loyalitas konsumen “dengan kepuasan konsumen sebagai variabel“ mediasi, Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Sugiyono, 2010. “Pengaruh “promosi “berbasis sosial media terhadap keputusan pembelian produk jasa pembiayaan kendaraan” pada” PT.” BFI Finance Jambi, Jambi :“Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas” Jambi.

Suryadi, 2011 . “Pengaruh “kualitas “produk, harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan” kartu” prabayar” telkomsel, Manado : Universitas Sam Ratulangi Manado.

Situmeang Lina Sari , 2017 . Strategi Pemasaran, Jakarta : Fandy Tjiptono.

Yupitri, 2012 . Pengaruh “produk, “pelayanan, “promosi dan lokasi terhadap masyarakat memilih” bank” syariah” disurakarta, Surakarta.

Downloads

Published

2021-06-06

Issue

Section

Articles