PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN LELE DI SIDOARJO

Penulis

  • Achmat Afandi Setyawan Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Ratna Ekasari Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Nuning Nurna Dewi Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v3i1.932

Kata Kunci:

kualitas produk, persepsi, harga promosi dan minat beli

Abstrak

Pengkajian dengan tema “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen Ikan Lele di Desa Wilayut Kecamatan Sukodono Sidoarjo” bermaksud untuk mengkaji pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan promosi terhadap minat beli konsumen ikan lele di Desa Wilayut Kecamatan Sukodono Sidoarjo secara segmental dan sinkron. Masyarakat dalam pengkajian ini adalah pelanggan produk ikan lele di Desa Wilayut Kecamatan Sukodono Sidoarjo sebanyak 75 informan, metode pengutipan representative menggunakan probability sampling. Verifikasi instrument pengkajian ini menggunakan verifikasi validitas dan realibilitas. Verifikasi tesis klasik menerapkan verifikasi normalitas, verifikasi multikolinieritas, verifikasi heterokedastisitas dan verifikasi autokorelasi. Hitungan dari verifikasi hipotesis yang menerapkan program SPSS versi 21.0. terdapat perumpamaan regresi yaitu Y = 4,681 + 0,746X1 + 0,591X2 - 0,188X3 dengan R sejumlah 0,954 dan R2 0,911. Berlandaskan pengkajian yang dilakukan terdapat angka koefisien R2 sejumlah 0,911, hal ini menyatakan bahwa faktor kualitas produk, persepsi harga dan promosi dapat menguasai faktor minat beli masyarakat sejumlah 91,1%. Sebaliknya 8,9% dipengaruhi oleh faktor bebas lain yang tidak ada dalam pengkajian ini.

Kata kunci : kualitas produk, persepsi, harga promosi dan minat beli

Referensi

Adisaputro,, G. (2010). manajemen pemasaran analisis untuk

perencanaan strategi pemasaran . edisi pertama. Yogyakarta: UUPSTIM YKPN.

Andi , M. I. (2018). Diversifikasi Ikan Lele Menjadi Produk Olahan Pangan. Diversifikasi Ikan Lele Menjadi Produk Olahan Pangan, 385-391.

Arif, D., Ekonomi, F., Maarif, U., & Latif, H. (2018). PELANGGAN. 2(1).

Arif, D., Yucha, N., Setiawan, S., Oktarina, D., Martah, V., & Muttaqiin, N. (2020). Applications Of Goods Mutation Control Form In Accounting Information System: A Case

Arif, D., Rosidi, M. E., Dewi, N. N., Ekonomi, F., Maarif, U., Latif, H., & Sidoarjo, T. (2018). Intensitas Kebutuhan Konsumen Terhadap Permintaan Lpg 3 Kg Melalui Dukungan System Application And Product In Data Processing ( Sap ) Dalam Melakukan Kebijakan Supply . 2(1), 8–15

Armyn , M. (2019). Produksi Abon Ikan Lele Sebagai Alternatif Usaha untuk Meningkatkan. AJIE - Asian Journal of Innovation and

Entrepreneurship, 199-206.

Boyd, H. (2000). Manajemen pemasaran pendekatan strategy dengan orientasi global. Edisi ke Dua. Jilid 1. jakarta: Erlangga.

Eko Prawoto , H. (2018). Strategi inovasi produk olahan dan manajemen pemasaran guna meningkatkan daya jual lele(UKM Peternak lele di desa kalibeber,mojotengah,wonoso boh. Universitas Sains Al- Qur’an (UNSIQ) WONOSOBO Jurnal PPKM I

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of loan-loss provision, non-performing loans and third-party fund on capital adequacy ratio. Accounting, 7(10),943–950. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.1.013

Nugroho, M., Halik, A., & Arif, D. (2020). Effect Of Camels Ratio On Indonesia Banking Share Prices. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 101–106.

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of financial distress on stock returns , through systematic risk and profitability as mediator variables. 7, 1717–1724.

,

Diterbitkan

2021-06-04

Terbitan

Bagian

Articles