PENGARUH MOTIVASI, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DISIPLIN TERHADAP KOMITMEN DAN KINERJA GURU

Authors

  • Windi Mei Trisnowati Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.544

Keywords:

Motivasi, kepemimpinan transformasional, disiplin, komitmen, kinerja

Abstract

SDM yang berkualitas merupakan modal agar tercapai tujuan pembangunan. Dalam penelitian ini kinerja guru diteliti dari tiga variabel yaitu motivasi, kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja melalui komitmen kerja. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 55 yang terdiri dari seluruh guru dan staff di SDN JAJARTUNGGAL III - 452 Surabaya. Ini menggunakan penelitian metode sensus yaitu dengan seluruh populasi diberikan kuesioner yang berjumlah 55 responden. Menunjukkan bahwa hasil penelitian variabel motivasi berpengaruh terhadap komitmen dan kinerja, gaya kepimpinan transformasional tidak berpengaruh terhadap komitmen tapi berpengaruh terhadap kinerja, disiplin kerja berpengaruh terhadap komitmen dan kinerja, komitmen tidak berpengaruh terhadap kinerja guru.

 

Kata Kunci: Motivasi, kepemimpinan transformasional, disiplin, komitmen, kinerja

References

DAFTAR PUSTAKA

Baron, R. A., & Greenberg, J. (1990). Behavior in Organizations: Understanding and Managing the Human Side of Work. Boston: Allyn and Bacon.

Griffin, & Moorhead. (2013). Perilaku Organisasi . Salemba Empat.

Hariandja, M. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Grasindo.

Hasibuan, M. S. (2013). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Heidjrachman, Suad, & Husnan. (2002). Manajemen Personalia. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi (BPFE).

Nitisemoto, A. S. (2002). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalih Indonesia.

Nitisemoto, A. S. (2006). Manajemen Personalia Cetakan Kesembilan Edisi Keempat. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2007). Manajemen. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Sarros, J. C., & Butchatsky, O. (1996). Leadership. Sydney: Harper Business.

Downloads

Published

2020-01-17

Issue

Section

Articles