PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITA RASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN

Authors

  • Siti Maimunah Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542

Keywords:

kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen.

Abstract

Pemasaran merupakan kegiatan usaha yang terdiri dari suatu proses dalam merencanakan kebutuhan konsumen, menciptakan suatu produk yang sesuai untuk dipasarkan, mempromosikan dan mendistribusikan produk barang atau jasa. Salah satu upaya yang dilakukan perusahaan di dalam pemasaran yaitu dengan cara dapat memenuhi keinginan maupun kebutuhan konsumen, sehingga memberikan kepuasan dan loyalitas terhadap konsumen yang menjadi faktor utama dalam keberhasilan sebuah usaha. Oleh karena itu konsumen mengharapkan kualitas kinerja yang dapat memberikan kepuasan dan loyalitas konsumen dengan memberikan kualitas pelayanan, persepsi harga dan cita rasa yang dapat membuat konsumen tertarik.

Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh konsumen “Mie Liho Mie Kiro” Kecamatan Driyorejo, Gresik. Sampel yang diambil yaitu 100 responden dengan memberikan kuesioner kepada responden untuk memperoleh data. Teknik analisa data menggunakan analisa Structural Equation Modelling menggunakan Amos 16.

Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh negatif terhadap kepuasan konsumen tetapi dapat mempengaruhi positif terhadap loyalitas konsumen. Variabel persepsi harga dapat mempengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dan dapat berpengaruh negatif terhadap loyalitas konsumen. Variabel cita rasa dapat mempengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Variabel kepuasan konsumen dapat mempengaruh positif terhadap loyalitas konsumen.

 

Kata Kunci: kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa, kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen.

References

David Harianto, Dr. Hartono Subagio, S.E., M. M. (2013). Analisa pengaruh kualitas layanan, brand image, dan atmosfer terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening konsumen kedai deja- vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1), 1–8.

Ferdinand, Augusty, 2016, Structural Equation Modeling : Dalam Penelitian Manajemen", BP Undip, Semarang.

Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multvariate Modeling Dengan Program SPSS. 3Ed.

Indarwati, T. A., & Tiarawati, M. (2015). Strategi Pemasaran Melalui Experience Dan Emotional Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di J.Co Donuts & Caffee Surabaya. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 15(1), 102. https://doi.org/10.17970/jrem.15.150108.id

Indrasari, N. (2017). Pengaruh Cita Rasa, Nilai Gizi Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Yes Delivery Di Plosokandang Tulungagung. Simki-Economic, 01(03), 1–14.

Kartika Sari, R., Yulisetiarini, D. &, & Sudaryono. (2016). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Serta Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh SItubondo. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10(2), 115–126.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Buku 2. Diadaptasi oleh A. B. Susanto. 2001. Jakarta: Salemba Empat.

Parasuraman, A. 1988."SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality", Journal of Retailing, Vol. 64, p. 31–43.

Sangadji, E. M., & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi I. Yogyakarta: Andi Offset.

Sembiring, I. J., Suharyono, & Kusumawati, A. (2010). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan (studi pada pelanggan McDonald’s MT. Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 68(2), 1–10. https://doi.org/10.1080/00423114.2017.1410184

Sugiono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. cetakan ke-

Alfatbeta, Bandung.

(Widjoyo et al., 2014) Widjoyo, S., Hatane, P., Brahmana, R. K. M. R., Pemasaran, J. M., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–9.

Downloads

Published

2020-01-17

Issue

Section

Articles