ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INTERNET TRI

Authors

  • Ita Widia Rukhani Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.539

Keywords:

Citra merek, persepsi harga, kualitas produk, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan mengetahui (1) pengaruh citra merek terhadap kepuasan pelanggan, (2) pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan, (3) pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, (4) pengaruh citra merek, persepsi harga dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan manajemen Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo. Jumlah sampel penelitian sebanyak 71 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh yaitu yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan memberikan daftar pernyataan kepada responden. Penelitian ini menggunakan alat regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa persepsi harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitug 3,970 > ttabel 1,996 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan citra merek dan kualitas produk tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 17,363 > Ftabel 2,74 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa secara bersama – sama attau simultan variabel citra merek, persepsi harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil analisis dapat memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,437. Artinya ketiga variabel citra merek, persepsi harga dan kualitas produk secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 43,7% terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 56,3% merupakan sumbangan/kontribusi variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Citra merek, persepsi harga, kualitas produk, kepuasan pelanggan

References

DAFTAR PUSTAKA

Ambarwati, Permata, Erina. 2018. “Analisis Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Citra Merek Sebagai Variabel Intervening”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Avita, Haryanto, Resty. 2017. “Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado”. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulagi. Manado.

Eka, Wibisono, Lusiana. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna 4G XL Di Yogyakarta”. Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Fatma, Solikhah, Novia. 2017. “Pengaruh Kompensasi, Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Lazizaa Chicken & Pizza”. Fakultas Ekonomi Universitas Ma arif Hasyim Latif Sidoarjo.

Fitri, Astuti, Ria. 2018. “Pengaruh Dessain Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Surakarta.

Ghanimata, Fifyanita. 2012. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Isnawati, Yulina. 2018. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Nantyas, Cahyaningrum, Ajeng. 2018. “Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Indosat Ooredo”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Pratama, Akbar, Reza. 2018. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Putra, Cahya, Faisal. 2019. “Analisis Pengukuran Tingkat Kualitas

Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Service Quality Yang Diintegrasikan Dengan Metode Importance Performance Analysis”. Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Sukma, Andhi. 2018. “Pengaruh Barand Image, Brand Awareness Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Paket Internet 3 (Tri) Ada Kartu Prabayar 3 (Tri)”. Universitas Tarumanagara. Bandung.

Umam, Khoirul. 2016. “Analisis Kualitas Layanan Pada Pelanggan Operator Seluler Tri”. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Wulansari, Ratna. 2014. “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Minat Blei Kartu Perdana 3 (Tri) Di Surakarta”. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Downloads

Published

2020-01-17

Issue

Section

Articles