PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA DI PERUSAHAAN

Authors

  • Adi Kurniawan Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.537

Keywords:

Manajemen Sumber Daya Manusia, Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Motivasi kerja, Kinerja Karyawan.

Abstract

Motivasi kerja yang ditanamkan pada setiap karyawan sangatlah penting dengan memanfaatkan kepemimpinan yang baik serta menerapkan disiplin kerja akan menjadikan karyawan tersebut memilki kinerja yang lebih baik.

Penelitian ini bertujuan untk mengetahui pengaruh Gaya Kepemipinan, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja baik scara parsial maupun simutan terhadap Kinerja Karyawan Diperusahaan. Penelitian dilakukan pada Departemen Produksi. Pada penelitian ini dilakukan pengambilan data dengan metode wawancara dan kuisioner pada 56 responden yaitu karyawan di perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan metode regresi linier berganda dengan software SPSS.

Hasil analisis pada penelitiaan ini menunjukken bahwa variabel gaya kepemimpinan, disiplin kerja dan motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerjaa karyawan. Sedangkan secara parsial, variabel gaya kepemimpinan, disiplin kerja dan motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadep kinerja karyawan pda tingkat signifikansi kurang dari 0,05 atau 5%. Disarankan untuk pihak manajemen harus lebih memperhatikan dan melakukan peningkatan tingkat kinerja mereka dengan memperhatikan ketiga variable tersebut khusunya tentang motivasi kerja. Pentingnya pihak manajemen untuk meningkatkan motivasi kerja untuk karyawannya, sepeti kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan sosial, melakukan pemberian penghargan dan aktualisasi diri sehingga akan berpengaru terhadap kinerja karyawan tersebut.

 

Kata Kunci : Manajemen Sumber Daya Manusia, Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Motivasi kerja,          Kinerja Karyawan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Hasibuan. Malayu SP. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia . Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Mangkunegara, Anwar Prabu. “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Rosdakarya, Bandung, 2010.

Mathis, R.L & J.H Jackson. 2006. Human Resource management : Manajemen Sumber Daya Manusia Terjemahan Dian Angelia. Jakarta : Salemba Empat.

Mulyadi dan Rivai. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Cetakan ke sembilan.

Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Mencapai Keunggulan Bersaing. Jakarta : salemba empat.

Siagian, Sondang P. 2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Sutrisno. 2014. Metode penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD. Bandung : Alfabeta.

Suranta, Sri. 2002. Dampak Motivasi Karyawan Pada Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Dengan Kinerja kAryawan Perusahaan Bisnis.

Wiratna. V Sujarweni. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi.Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2020-01-17

Issue

Section

Articles