ANALISIS DAMPAK DISRUPSI PENDIDIKAN ERA REVOLUSI INDSUTRI 4.0

Ratna Ekasari, Fidia Dicky Denitri, Achmad Fathoni Rodli, Aulia Rezki Pramudipta

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk melihat dan menganalisis dampak disrupsi era revolusi industri 4.0 pada dunia pendidikan di Indonesia, karena saat ini dunia sudah memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai semakin berkembangnya sistem digitalisasi. Perkembangan pendidikan di dunia tidak lepas adanya perkembangan dari revolusi industri yang terjadi pada dunia ini, Karena secara tidak langsung perubahan tatanan ekonomi ikut merubah tatanan pendidikan di suatu negara, pada Pada penelitian ini tidak mengenal istilah populasi, apalagi sampel. Populasi atau sampel pada pendekatan kualitatif lebih tepat disebut sumber data pada situasi sosial (social Situation), di penelitian ini tidak terdapat populasi dan sampel dampak disrupsi era revolusi industri dunia pendidikan di Indonesia melahirkan pembelajaran jarak jauh, menggantikan kecerdasan karena revolusi industri 4.0 menekankan proses kreativitas.

Dunia dengan cepat khususnya pendidikan mengalami perubahan untuk bisa menjangkau perubahan adalah proses kreativitas dan inovatif.


Keywords


Disrupsi, Era Revolusi Industri 4.0, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Eko Risdianto (2019), “Analisis Pendidikan di Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0”.

Jurnal Manajemen Pendidikan.

Delipiter Lase (2019), “Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0”. Jurnal Era Revolusi Industri.

Mohamad Mustari, Ph.D dan M. Taufiq Rahman, Ph.D (2014), “ Manajemen Pendidikan di Era Globalisasi”. Jurnal Pendidikan.

M.A. Ghufron (2019), “ Tantangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan”. Jurnal Disrupsi Pendidikan.

Sri Aryati (2019), “ Tantangan Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0”. Jurnal Pendididkan Revolusi Industri.

Johanis Ohoitimur (2018), “Tantangan Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Peluang

Bagi Lembaga Pendidikan Tinggi”.

Jurnal Disrupsi Vol 21 no.02 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/econ12.v4i1.924


 Supporting by:

           

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.