PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, DAN DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RUMAH MAKAN X

Authors

  • Nikma Yucha UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF
  • Umi Lailatul UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF
  • Setiawan Setiawan UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

DOI:

https://doi.org/10.51804/econ12.v4i1.921

Keywords:

Promosi, Kualitas Pelayanan, Diversifikasi Produk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi, kualitas pelayanan, dan diversifikasi produk terhadap kepuasan konsumen dirumah makan Sate Tepi Sawah. Populasi penelitian ini adalah pengunjung rumah makan Sate Tepi Sawah, dengan sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui kuisioner skala Likert 1-5 skala. Teknik analisa data adalah menggunakan Analisa Regresi Linier Berganda dengan progam SPSS 15. Hasil analisa olah data penelitian adalah promosi, kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen secara parsial (individu) . Hal ini bisa kita lihat dengan nilai thitung promosi sebesar 2,007 yang lebih besar dari nilai ttabel sebesar 1,984 dan nilai signifikan 0,000 > 0,05 . Dan bisa kita lihati lagi dengan nilai thitung kualitas pelayanan 2,445 lebih besar nilai ttabel 1,984 dan nilai signifikan 0,000 > 0,05. Dari analisa data hasil yang tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan secara parsial, yaitu diversifikasi produk, hal ini bisa dibuktikan dengan nilai thitung 0,658 < ttabel 0,1984. Hasil pengujian F nilai F mendapatkan Fhitung 1,332 > Ftabel 2,70. Dengan data ini bisa disimpulkan bahwa secara bersama-sama atau simultan promosi, kualitas pelayanan dan diversifikasi produk bisa diterima dengan uji statistik. Analisa data diperoleh dari nilai koefesien determinasi (R2), yakni 0,040. Dapat dikatakan dari ketiga variabel promosi, kualitas pelayanan, dan diversifikasi produk mempunyai prosentase keeratan kepada variabel kepuasan konsumen sebesar 4%, sedangkan sisanya 96% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian.

References

Adlina, Hafizah. 2014. Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Snugstore Medan. Skripsi. Medan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara

Ernita, Titik. 2017. Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Vol.14. No.2, September 2017:172-180

Ferdinand A. 2016. Metode Penelitian Semerangi: Universitas Diponegoro

Lily, Srikandi dan Adriani. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Malang

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The Effect Of Loan-Loss Provision, Non-Performing Loans And Third-Party Fund On Capital Adequacy Ratio. Accounting, 7(10), 943–950. Https://Doi.Org/10.5267/J.Ac.2021.1.013

Nugroho, M., Halik, A., & Arif, D. (2020). Effect Of CAMELS Ratio On Indonesia Banking Share Prices. The Journal Of Asian Finance, Economics And Business, 7(11), 101–106.

Nengsih, Dewi Rohma. 2016. Pengaruh Suasan Toko, Kualitas Pelayanan, dan Diversifikasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung

Sugiyono. 2014. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kuantitatif R&D. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta

Sukmah. 2018. Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Volume Penjualan

Sunarti dan Darmajati, Jagat. 2019. Pengaruh Leverage, Diversifikasi Produk, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilita. Jurnal Of Applied Managerial Accounting. Vol.3. No.1

Sayetiningrum, Inggar. 2014. Kontribusi Suasana Kedai, Diversifikasi produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aiola Eatery Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Surabaya

Tengku Putri Lindung Bulan. 2017. Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Juragan Jasmine Langka. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol 6. No 1

Ulya, Nurul Ade dan Karneli, Okta. 2018. Pengaruh Diversifikasi dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Rabbani Cabang Pekanbaru.

Widiyanto, Ibnu. 2008. Metode Penelitian Semarang. BP Undip

Wijaya, Yengki Eka. 2017. Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. Pekanbaru.

Downloads

Published

2021-04-14

Issue

Section

Ecopreneur.12