PENGARUH DESAIN PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN

Nuning Nurna Dewi

Abstract


Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti hasil yang didapat pada uji T diperoleh bahwasannya presepsi Desain produk dan kualitas produk berpengaruh positif secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Dapat dibuktikan dari hasil thitung presepsi desain produk > ttabel yaitu sebesar 4,120 > 1,997 nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Dan juga hasil thitung kualitas produk > ttabel yaitu sebesar 3,795 > 1,997 nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Hanya harga saja yang berpengaruh positif tapi tidak signifikan secara parsial. Hasil dari uji F didapati nilai fhitung > ftabel yaitu 80,461 > 2,74 nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwasannya secara simultan desain produk, harga dan kualitas produk berpengaruh positif serta signifikan. Sedangkan koefisien determinasi didapatkan dengan nilai 0,785 sehingga dapat dikatakan desain produk, harga dan kualitas produk berkontribusi 78,5 % terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan sisanya 21,5 % diperoleh dari kontribusi variable lainnya yang tidak diikut sertakan oleh peneliti.


Keywords


Desain produk; harga; kualitas produk; loyalitas

Full Text:

PDF

References


Arif, D., Yucha, N., Setiawan, S., Oktarina, D., Martah, V., & Muttaqin, N. (2020). Applications of Goods Mutation Control Form in Accounting Information System: A Case Study in Sumber Indah Perkasa Manufacturing, Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 7(8), 419–424.

Ambarwati, Permata, Erina. 2018. “Analisis Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Citra Merek Sebagai Variabel Intervening”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Avita, Haryanto, Resty. 2017. “Strategi Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Mcdonald’s Manado”. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulagi. Manado.

Eka, Wibisono, Lusiana. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna 4G XL Di Yogyakarta”. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Fatma, Solikhah, Novia. 2017. “Pengaruh Kompensasi, Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Lazizaa Chicken & Pizza”. Fakultas Ekonomi Universitas Ma arif Hasyim Latif Sidoarjo.

Fitri, Astuti, Ria. 2018. “Pengaruh Dessain Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat”. Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta. Surakarta.

Ghanimata, Fifyanita. 2012. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Isnawati, Yulina. 2018. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Nantyas, Cahyaningrum, Ajeng. 2018. “Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Indosat Ooredo”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Pratama, Akbar, Reza. 2018. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan”. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.





 Supporting by:

           

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.