ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INTERNET

Authors

  • Ahmad Fathoni Rodli
  • Nuning Nurna Dewi

DOI:

https://doi.org/10.51804/econ12.v3i1.677

Keywords:

Citra merek, persepsi harga, kualitas produk, kepuasan pelanggan

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis dan mengetahui (1) pengaruh citra merek terhadap kepuasan pelanggan, (2) pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan, (3) pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, (4) pengaruh citra merek, persepsi harga dan kualitas produk secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan manajemen Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo. Jumlah sampel penelitian sebanyak 71 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh yaitu yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan memberikan daftar pernyataan kepada responden. Penelitian ini menggunakan alat regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa persepsi harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitug 3,970 > ttabel 1,996 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan citra merek dan kualitas produk tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 17,363 > Ftabel 2,74 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa secara bersama – sama attau simultan variabel citra merek, persepsi harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil analisis dapat memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,437. Artinya ketiga variabel citra merek, persepsi harga dan kualitas produk secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 43,7% terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 56,3% merupakan sumbangan/kontribusi variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata kunci : Citra merek, persepsi harga, kualitas produk, kepuasan pelanggan

References

Ambarwati, Permata, Erina. 2018. “Analisis

Pengaruh Persepsi Harga Dan

Kualitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian Dengan

Variabel Citra Merek Sebagai

Variabel Intervening”. Fakultas

Ekonomika Dan Bisnis

Universitas Diponegoro,

Semarang.

Avita, Haryanto, Resty. 2017. “Strategi

Promosi, Kualitas Produk,

Kualitas Layanan Terhadap

Kepuasan Pelanggan Pada

Restoran Mcdonald’s Manado”.

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Universitas Sam Ratulagi.

Manado.

Eka, Wibisono, Lusiana. 2016. “Pengaruh

Kualitas Produk, Kualitas

Layanan Dan Persepsi Harga

Terhadap Kepuasan Pelanggan

Pengguna 4G XL Di

Yogyakarta”. Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Yogyakarta.

Yogyakarta.

Fatma, Solikhah, Novia. 2017. “Pengaruh

Kompensasi, Gaya

Kepemimpinan, Lingkungan

Kerja terhadap Kinerja

Karyawan Lazizaa Chicken &

Pizza”. Fakultas Ekonomi

Universitas Ma arif Hasyim Latif

Sidoarjo.

Fitri, Astuti, Ria. 2018. “Pengaruh Dessain

Produk, Citra Merek, Persepsi

Harga Dan Layanan Purna Jual

Terhadap Keputusan

Pembelian Honda Beat”.

Jurusan Manajemen Bisnis

Syariah Fakultas Ekonomi Dan

Bisnis Islam Institut Agama

Islam Negeri Surakarta.

Surakarta.

Ghanimata, Fifyanita. 2012. “Analisis

Pengaruh Harga, Kualitas

Produk, Dan Lokasi Terhadap

Keputusan Pembelian”.

Fakultas Ekonomika Dan Bisnis

Universitas Diponegoro.

Semarang.

Isnawati, Yulina. 2018. “Analisis Pengaruh

Citra Merek, Persepsi Harga

Dan Persepsi Kualitas Produk

Terhadap Keputusan

Pembelian”. Fakultas

Ekonomika Dan Bisnis

Universitas Diponegoro,

Semarang.

Nantyas, Cahyaningrum, Ajeng. 2018.

“Analisis Pengaruh Persepsi

Harga, Kualitas Produk, Citra

Merek Dan Word Of Mouth

Terhadap Keputusan

Pembelian Kartu Perdana

Indosat Ooredo”. Fakultas

Ekonomika Dan Bisnis

Universitas Diponegoro.

Semarang.

Downloads

Published

2020-04-05

Issue

Section

Ecopreneur.12