ANALISIS PENERAPAN METODE FULL COSTING SEBAGAI PENENTU HARGA POKOK PRODUKSI PADA PT.XYZ

Nikma Yucha

Abstract


ABSTRAK 

 

Metode full costing adalah informasi mengenai biaya produksi di suatu perusahaan yang sangat dibutuhkan untuk menentukan harga pokok produksi. Harga pokok produksi merupakan keseluruhan biaya produksi yang terserap ke dalam setiap unit produk yang dihasilkan perusahaan. PT.XYZ melakukan perhitungan harga pokok produksi, namun dalam hal ini belum tepat karena masih menggunakan perhitungan yang sederhana dan belum terperinci. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan harga pokok produksi dengan metode full costing. Dalam penelitian ini, PT.XYZ melakukan perhitungan biaya produksi dengan metode sederhana, dan belum terperinci sehingga biaya-biaya yang muncul selama proses produksi tidak terperinci. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara perhitungan HPP sederhana dengan perhitungan memakai metode full costing. Hasil perhitungan menunjukkan perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode sederhana lebih menguntungkan yaitu sebesar RP. 8.105.175 daripada metode full costing yang hanya sebesar RP. 7.322.000, namun penerapan metode full costing lebih dibutuhkan untuk perusahaan karena lebih dapat menghasilkan perhituangan harga pokok produksi yang lebih akurat.

Kata kunci: metode Full Costing, Harga Pokok Produksi

Keywords


metode Full Costing, Harga Pokok Produksi

Full Text:

KLIK DOWNLOAD

References


Andri, Eka. 2013. “Penerapan Full Costing Method Melalui Penghitungan Hpp Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Pada Ukm Tahu Pak Dariyo”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Blocher,dkk. 2007. Manajemen Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Halimatus, Solehah. 2016. “Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Ayam Potong (Broiler) dengan Metode Full Costing pada Peternakan Abshar Selaku Mitra Usaha CV. Mutiara Sinar Abadi Samarinda”. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-lebih-dekat-penentuan-harga-pokok-produksi/

Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi Kelima. Yogyakarta : BPFE YKPN.

Mulyadi. 2007. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya, Ed 5. Yogyakarta : STIM YKPN

Noorhayati, Rachman. 2016. “Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Percetakan Sablon Dengan Menggunakan Metode Full Costing Pada CV. Atr Borneo Mandiri Di Balikpapan”. Jurnal Administrasi Bisnis. 4(3), 1-5.

Simbolon, Maropen R. 2008. “Sistem Activity Based Costing Sebagai Alternatif Pembebanan Biaya Overhead Pada Perusahaan Manufaktur”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol.2 No. 2, Oktober.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Usry, Carter. 2006. Cost Accounting. Edisi ketigabelas. Jakrta: Salemba




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/econ12.v3i1.675


 Supporting by:

           

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.