PERAN KINERJA PERUSAHAAN DALAM MENENTUKAN PENGARUH INDIKATOR MAKROEKONOMI DAN KEBIJAKAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Dian Oktarina, Laely Aghe Africa

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kinerja perusahaan dalam menentukan pengaruh indikator makroekonomi dan kebijakan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Kinerja perusahaan diproksikan dengan ROA. Indikator makroekonomi yang digunakan pada penelitian ini adalah kurs IDR/USD, suku bunga, dan inflasi. Kebijakan perusahaan diukur menggunakan insentif manajer, capital expenditure, dan leverage keuangan. Nilai perusahaan diproksikan dengan harga saham. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI mulai 2012 sampai 2016. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur untuk menguji hipotesis. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa untuk variabel indikator makroekonomi, hanya inflasi saja yang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan untuk variabel kebijakan perusahaan, insentif manajer memiliki pengaruh langsung signifikan baik ke kinerja perusahaan maupun ke nilai perusahaan. Kinerja perusahaan berpengaruh signifikan dengan nilai perusahaan. kinerja perusahaan dapat digunakan untuk memediasi insentif manajer terhadap nilai perusahaan.

Kata kunci:  inflasi, insentif manajer, kinerja perusahaan, nilai perusahaan


Keywords


inflasi, insentif manajer, kinerja perusahaan, nilai perusahaan

Full Text:

KLIK DOWNLOAD

References


Anthony, R. N., & Govindarajan, V. (2005). Management Control System. Jakarta: Salemba Empat.

Birmingham, & Houston. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Bursa Efek Indonesia. (2018, Juni). Pasar Modal. Retrieved from IDX: www.idx.co.id

Cahyati, & Anindya. (2015). Pengaruh Faktor Ekonomi Makro dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Management Analysis Journal, 4, 10-21.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iramani, R. (2008). Model Prediksi Financial Distress Perusahaan Go Public di Indonesia (Studi pada Sektor Manufaktur). Jurnal Aplikasi Manajemen, 6.

Kalra, R. (2012). Impact of Macroeconomics Variables on Indian Stock Market. The IUP Journal of Finance Risk Management, IX, 43-54.

Oktarina, D. (2015). Pengaruh Beberapa Indeks Saham Global dan Indikator Makroekonomi terhadap Pergerakan IHSG. Journal of Business and Banking, 5, 163-182.

Opod, C. (2015). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Makroekonomi Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Serta Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2013). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3, 127-140.

Rahmiati, & Sari, W. (2013). Pengaruh Capital Expenditure, Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 2, 1-14.

Sudiyatno, B., & Puspitasari, E. (2010). Pengaruh Kebijakan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Perusahaan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan, 1-22.

Tarika, S. (2011). Macroeconomics Factors and Stock Returns : Evidence from Taiwan. Journal of Economics and International Finance, 2, 217-227.




Copyright (c) 2020 Ecopreneur.12 : Journal Economic and Business

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 Supporting by: