ANALISIS PANGSA PASAR DALAM MENINGKATKAN POTENSI KOPERASI INTAKO SIDOARJO

Rezza Rosita Prastika Sari, Wulandari Harjanti, Safa’at .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pangsa pasar di bawah kendali mereka dalam meningkatkan potensi Koperasi Intako Sidoarjo dengan menggunakan perhitungan analisis pangsa pasar produk tas pada bulan Agustus 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari wawancara dengan informan pertama yaitu Ketua Koperasi Intako Sidoarjo dan kemudian dengan pesaing Intako untuk mengetahui total penjualan produk tas pada Agustus 2019. Analisis data adalah dengan menghitung total pangsa pasar Koperasi Intako Sidoarjo penjualan produk tas dengan total penjualan industri menggunakan unit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perhitungan analisis pangsa pasar Koperasi Intako Sidoarjo diperoleh hasil perhitungan sebesar 24,42% dimana hasilnya menunjukkan bahwa Koperasi Intako Sidoarjo memenangkan pangsa pasar yang sangat baik, yaitu data tentang akuisisi pangsa pasar yang telah dilakukan memberikan informasi bahwa dalam kategori tas kulit dan sintetis yang dijual dan dipasarkan diketahui Koperasi Intako Sidoarjo sebagai industri tas yang mendapatkan pangsa pasar terbesar dibandingkan dengan pesaingnya, yang mendapatkan tempat pertama. Hasil ini menunjukkan bahwa Koperasi Intako Sidoarjo dapat meningkatkan potensinya dengan mempertahankan pangsa pasar yang telah dicapai dengan mempertahankan kualitas produk dan layanannya, dan memperluas pangsa pasar dengan melakukan lebih banyak promosi melalui media online untuk mencapai pangsa pasar yang lebih luas.

Kata kunci: Bauran Pemasaran, Pangsa Pasar, Persaingan


Keywords


Bauran Pemasaran, Pangsa Pasar, Persaingan

References


Assauri, Sofjan. 2018. Manajemen Bisnis

Pemasaran. PT Raja Grafindo.

Cetakan ke-1. Depok.

Bangsa online, 2016, Produk

Tanggulangin tembus pasar Italia,

http://m.bangsaonline.com/berita/27

/produk-intako-tanggulangintembus-pasar-italia-bupati-sidoarjominta-ukm-jaga-kualitas-produk,

(diakses pada November 2016).

Dwiyana, Putra. 2016. Analisis

Perbadingan Strategi Bauran

Pemasaran Smartphone Blackberry

Berdasarkan Siklus Hidup Produk.

Vol 3 No 1.

Fatmarga, Edy, Theresia Militana, dan

Mardiana. 2013. Analisis Pangsa

Pasar Mobil Toyota Avanza di Kutai

Timur. Jurnal Manajemen.

Koinworks.com, 2016, Strategi

Memperluas Pangsa Pasar,

http://koinworks.com/blog/strategime

mperluas-pangsa-pasar, (diakses

pada Agustus 2017)

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi

Penelitian Kualitatif. PT Remaja

Rosdakarya . cetakan ke-36.

Bandung.

My blog Tasya Firliiyana, 2016, Pangsa

Pasar,

http://tasyafirliyana.blogspot.com/20

/08/pangsa-pasar, (diakses pada

tanggal 7 Agustus 2017).

Setyaningrum, Ari, Jusuf Udaya, dan

Efendi. 2015. Prinsip-Prinsip

Pemasaran. Andi Yogyakarta.

Yogyakarta.

Siburian, Frenky Sampetua, Tommy

Parengkuan, dan Joubert Maramis.

Analysis Of Financial

Performance Based On

Telecommunications Industry

Market Share In Indonesia (Case

Study In Telecommunication

Companies Listed In BEI 2011-

. Jurnal Emba. Vol 5 no 2 hal

-474.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian

Pendidikan. Alfabeta Bandung. Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi

Pemasaran. Andi Yogyakarta. Edisi 4.

Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/econ12.v2i2.501


 Supporting by:

           

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.