SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMBELIAN SPARE PART FORKLIF OLEH PT. GROGOL SARANA TRANSJAYA PADA PROYEK PERTAMINA

Authors

  • Donny Arif
  • Nikma Yucha
  • Eddy Rosidi

DOI:

https://doi.org/10.51804/econ12.v2i1.386

Keywords:

siklus pembelian, sistem pengendalian intern, sistem pembelian, standar operasional prosedur

Abstract

Maksud dari penelitian ini guna memahami penerapan sistem dan prosedur pembelian, mengetahui fungsi sistem pembelian barang spare part forklift oleh PT. Grogol Sarana Transjaya Surabaya dan peran sistem – sistem tersebut dalam mendukung pengendalian intern perusahaan sudah diterapkan secara efektif atau belum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif. Teknik penelitian yang digunakan dengan wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian ini pada factor-faktor yang berhubungan dengan sistem dan prosedur, serta unsur pengendalian intern yang meliputi prosedur pencatatan,praktik yang sehat, siklus pembelian spare part forklift oleh PT. Grogol Sarana Transjaya Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sistem dan prosedur pembelian barang spare part forklift sudah baik dalam menunjang pengendalian intern perusahaan. Namun masih ada terdapat beberapa kelemahan antara lain kurang perencanaan pencatatan dalam pengajuan permintaan barang. Beberapa saran dari peneliti adalah sebaiknya ada perencanaan dalam pengajuan pembelian sehingga tidak mengakibatkan double pencatatan. Kata kunci: siklus pembelian, sistem pengendalian intern, sistem pembelian, standar operasional prosedur

Published

2019-05-08

Issue

Section

Ecopreneur.12