ANALISIS PENGARUH KUALITAS, LAYANAN, DISTRIBUSI PRODUK UNTUK KEPUASAN KONSUMEN TOKO SAERA WARU SIDOARJO

Authors

  • Setiawan Setiawan Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Debby Fitria Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Agus Mulyono Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Varid Martah Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/econ12.v4i2.1015

Keywords:

kualitas produk, kualitas layanan, distribusi produk

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung 3,182 lebih besar dari ttabel sebesar 1,990 dan nilai signifikansi sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. analisis data yang diperoleh bahwa distribusi poduk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung 2,415 lebih besar dari ttabel sebesar 1.990 dan nilai signifikansi sebesar sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan kualitas produk tidak mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 66,595 > Ftabel sebesar 2,72 dan nilai signifikansi sebesar diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secaraa simultan atau bersama-sama variabel kualitas produk dan distribusi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasih analisis diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,712 yang berarti bahwa ketiga variabel independen yakni kualitas produk, kualitas layanan dan, dan distribusi produk mempunyai prosentase keeratan kepada variabel kepuasan konsumen sebesar 71,2%, sedangkan sisanya 28,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata kunci : kualitas produk, kualitas layanan, distribusi produk

 

References

N . M Arsyanti, and S. R. Tri Astuti, (2016) "Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang)," Diponegoro Journal of Management, vol. 5, no. 2, pp. 291-301.

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsument Dalam Mempergunakan Jasa Transportasi PT. SOLO CENTRAL TAXI DI SURAKARTA.

Analisis Pengaruh Promosi, Motivasi Dan Gaya Hidup Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Produk Bank Syariah Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening.

Analisis Kualitas Produk Dalam Menjaga Kepercayaan Konsumen Indah Bordir Sidoarjo.

Kualitas Pelayanan Dimensi dan Cara Mengukurnya.

Optimalisasi Distribusi Produk Menggunakan Daerah

Downloads

Published

2021-10-13

Issue

Section

Ecopreneur.12