HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA TAMAN KANAK-KANAK

Nuning Nurna Dewi, Wulan Purnamasari

Abstract


Dalam era globalisasi seperti sekarang ini sekolah sebagai lembaga pendidikan yang merupakan salah satu piranti dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul memiliki komponen-komponen yang saling terkait satu sama lain. Komponen-komponen tersebut adalah siswa, kurikulum, bahan pelajaran, guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan lainnya, lingkungan, sarana fasilitas, proses belajar mengajar dan hasil atau output. Semua komponen itu harus berkembang sesuai tuntutan zaman dan perubahan lingkungan yang terjadi di sekitarnya. Perubahan tidak akan berjalan tanpa dukungan dari sumber daya manusia yang merupakan aset yang dapat memberikan konstribusi lebih dalam pencapain tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut : 1). Untuk menganalisis seberapa besar hubungan antara Kecerdasan Emosional Kepala sekolah dengan kepemimpinan kepala taman Kanak-kanak. 2). Untuk menganalisis seberapa besar hubungan antara Kecerdasan Spiritual kepala sekolah dengan kepemimpinan kepala taman kanak-kanak. 3). Untuk menganalisis seberapa besar hubungan secara bersama-sama antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan kepemimpinan kepala Taman Kanak-kanak Dharma Wanita di Kecamatan Gayam. Sehubungan dengan permasalahan yang telah dirumuskan dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yang akan diteliti. Ketiga variabel tersebut diklasifikasikan menjadi dua bagian, yaitu variabel bebas (independen variabels) X, dan variabel terikat (dependen variabels) Y. kedua klasifikasi variabel tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut : 1). Kecerdasan Emosional (X1), 2). Kecerdasan Spiritual (X2), 3).Kepemimpinan (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : a). Hipotesis pertama yang diajukan dalam penelitian ini terbukti benar, bahwa kepemimpinan TK Dharma Wanita di Kec. Gayam berhubungan dengan kecerdasan emosional dan spiritual, eksistensi, keterkaitan, pertumbuhan, pengetahuan, intensif dan sikap, pada tingkat signifikansi kurang dari 5% dengan F rasio sebesar 29,107 serta nilai koefisien determinasi (R2)  sebesar 0,7507. b). Hipotesisi kedua yang diajukan  dalam penelitian ini, yaitu pengetahuan mempengaruhi kinerja karyawan TK Dharma Wanita di Kec. Gayam secara dominan, dengan taraf signifikansi kurang dari 5% dengan nilai t sebesar 4,903 serta nilai koefisien determinasi parsialnya (r2) sebesar 6776.

 

Kata kunci: Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual

Keywords


Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual

Full Text:

PDF

References


Adya Baskara, H. P. S. & N. A. (2017). Kecerdasan Emosi Ditinjau Dari Keikutsertaan Dalam Program Meditasi.

Ahmad Fauzi. (2019). ASPEK-ASPEK KECERDASAN SPIRITUAL DALAM KONSEP PENDIDIKAN LUQMAN HAKIM.

DAHLAN, J. (2019). SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) MENURUT DANAH ZOHAR & IAN MARSHALL DAN ARY GINANJAR AGUSTIAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP DOMAIN AFEKTIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM.

Diah Riany Setyowati. (2018). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMK SWASTA DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI.

Erwinsyah, A. (2017). MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR.

Mukhtar. (2015). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN MASJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR.

Murni, M. Asrori, I. A. (2018). KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 PONTIANAK.

Nasution, A. (2020). Pengujian Hipotesis.

Nofri Yenti k Drs. Machasin, M.Si Drs. Chairul Amsal., M., & Jurusan. (2014). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Dan Disiplin Terhadap Kinerja Perawat Pada R.S Pmc Pekanbaru. Jom FEKON, 1(2), 1–21.

Nurmayetti. (n.d.). GAYA KEPEMIMPINAN DALAM PRODUKTIVITAS KERJA.

Risma, D. (2012). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/econ12.v4i2.1014


 Supporting by:

           

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.