PENGARUH PROMOSI DAN REVIEW PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UMAHA

Authors

  • Donny Arif Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Dian Afrilia Pramestie Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/econ12.v4i2.1013

Keywords:

promosi, review produk dan keputusan pembelian

Abstract

Perkembangan zaman secara tidak langsung turut mengubah suatu kebiasaan dalam masyarakat, salah satunya adalah kegiatan berbelanja. Yang dulunya hanya bisa dilakukan secara tatap muka, kini banyak bermunculan pasar daring atau online shop yang semakin memudahkan dalam proses perbelanjaan. Dalam penelitian ini peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara promosi melalui social media dan review produk pada marketplace shopee terhadap keputusan pembelian di lingkungan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo. Teknik sampling dilakukan menggunakan purposive sampling, maka diambil 50 responden. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan software SPSS 20. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini menggunakan duavariabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen ( Y ) dari penelitian ini adalah keputusan pembelian. Variabel independen ( X) berupa promosi dan review produk. (1) Ada pengaruh signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian di UMAHA. (2) Ada pengaruh signifikan anatar pengaruh review produk terhadap keputusan pembelian di UMAHA. (3) Ada pengaruh signifikan antara promosi dan review produk terhadap keputusan pembelian di UMAHA.

Kata kunci: promosi, review produk dan keputusan pembelian

References

Amirudin M. Amin, H. (2019). The Effect of Trust, Easiness, and Promotion on Online Purchase Decision Of Lazada.co.id. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(1), 78–96.

Devi, L. kurnia intan. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Skripsi.

Dewi, N. D. (2019). PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN DAN PENGALAMAN PEMBELIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI

SHOPEE (Studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo). JURNAL EKOMAKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 8(1), 25–32.

https://doi.org/10.33319/jeko.v8i1.29

Diyatma, A. J. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro & Bar. E- Proceding of Management.

Ekasari, R., & Pramudita, R. A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ecopreneur, 3(1).

Eko P, J. C. (2019). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA DAN REVIEW PRODUK PADA MARKETPLACE SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN

PEMBELIAN ( Studi pada Remaja di Indonesia ). In Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2014) Prinsciples of Marketing. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2009). Manajemen Pemasaran. 13th Edition, Person Education. Maharani, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. IQTHISADequity, 2(1), 1–10.

Kotler, Philip dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi 12. Jakarta : PT. Indeks

Maimunah, S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen, 1(2), 57–68.

Muhari, A. (2020). PENGARUH ULASAN PELANGGAN, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK DI SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Pertamina). Tugas Akhir.

Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5 647

Downloads

Published

2021-10-13

Issue

Section

Ecopreneur.12