RE-BRAND IDENTITY SAMBEL NONA KHAS SIDOARJO SEBAGAI SARANA PROMOSI

Authors

  • Angga Pradana Putra Universitas Maarif Hasyim Latif, Sidoarjo, Indonesia
  • Renny Nirwana Sari Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Agung Santoso Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i1.968

Keywords:

identitas, media promosi, perancangan, produk, re-brand, sambel nona.

Abstract

Perancangan ini berjudul Re-Brand Identity Sambel Nona Khas Sidoarjo Sebagai Sarana Promosi. Sambel Nona merupakan usaha rumahan dibidang kuliner, khususnya sambal yang memproduksi dengan berbagai macam menu varian sambal. Adapun permasalahan yang dikaji merupakan brand identitas dari produk Sambel Nona tersebut tidak terciptanya identitas visual yang berkonsep, selain itu permasalahan yang didapatkan pada produk Sambel Nona merupakan kurangnya pengetahuan dalam mempromosikan produk itu sendiri. Maka dari itu perancang melakukan rebranding pada produk Sambel Nona, membuat inovasi dengan cara mendesain ulang dan serta merancang media yang diperlukan untuk mendukung kegiatan promosi produk dan meningkatkan eksistensinya. Metode yang digunakan pada perancangan ini yaitu metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer yang dilakukan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data sekunder dilakukan melalui tahapan studi literatur yang sesuai dengan topik perancangan. Analisis data yang diterapkan yaitu analisis SWOT. Hasil analisis data tersebut dilakukan untuk memahami konsep perancangan dasar desain, sehingga dapat menghasilkan ide desain baru yang bertujuan bisa meningkatkan efesiensi dan kualitas pada citra produk saat promosi. Hasil perancangan yang dihasilkan merupakan Orientasi pengembangan ide dalam perancangan visual re-brand identity yang terdiri atas media utama berupa logo beserta GSM, media promosi berupa kartu nama, brosur, spanduk, x-banner, poster, label kemasan. Selain itu terdapat media-media komunikasi visual penunjang seperti nota, neon box, amplop, kop surat dan marchendise.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ernawati, E. (2019). ANALISIS TANDA PADA KARYA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. DESKOVI: Art and Design Journal, 2(1), 27–34.

Kusrianto, A. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. In Pengantar Desain Komunikasi Visual.

Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education International.

Permadi, B., Nurmalina, R., & Kirbrandoko. (2016). Analisis Pengembangan Model Bisnis Kanvas CV Kandura Keramik Bandung. Jurnal Aplikasi Manajemen.

Rustan, S. (2017). Layout Dasar dan Penerapannya. In Design Grafis.

Syaodih, Sukmadinata, & Nana. (2009). Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktek. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Suyanto, M. (2003). Top, Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan Dunia. PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

Sulianta, F. (2017). Teknik Perancangan Arsitektur Sistem Informasi. In Teknik Perancangan Arsitektur Sistem Informasi.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Putra, A. P., Sari, R. N., & Santoso, A. (2021). RE-BRAND IDENTITY SAMBEL NONA KHAS SIDOARJO SEBAGAI SARANA PROMOSI. DESKOVI : Art and Design Journal, 4(1), 60–69. https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i1.968

Issue

Section

Articles