ASPEK DOMINASI DAN NEGOSIASI DALAM KOLABORASI INTERPRETASI MUSIKAL DUET GITAR LIFA DAN GABBY

Malik Hasanudin Aulia

Abstract

Gitar klasik pada dasarnya merupakan instrumen musik yang dimainkan secara solo. Namun, karena beberapa faktor seperti demam panggung, kurang percaya diri, dan kerumitan repertoarnya membuat beberapa gitaris klasik lebih memilih untuk bermain ensambel dengan format duet gitar. Interpretasi musikal yang digunakan dalam bermain solo dan ensambel berbeda. Di dalam pertunjukan solo, interpretasi musikal biasanya dilakukan secara mandiri atau mendapatkan bimbingan dari gurunya. Namun, di dalam duet gitar terjadi kolaborasi dalam interpretasi musikalnya. Penelitian ini menyoroti pada proses interpretasi musikal duet gitar dari dua orang mahasiswi gitar klasik di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Metode penelitian dilakukan dengan pengamatan tidak terlibat terhadap proses berlatih hingga pertunjukan musik dilakukan. Pengamatan juga dilakukan pada dokumen partitur repertoar yang mereka mainkan. Hasilnya adalah terjadi kolaborasi di antara kedua pemain gitar klasik tersebut dan adanya pengaruh dari guru gitar mereka. Kolaborasi yang terjadi adalah adanya dominasi dan negosiasi di antara kedua pemain dan gurunya. Sedangkan dominasi terkuat dalam kasus ini adalah arahan dari gurunya.

Keywords

duet gitar; interpretasi musikal; kolaborasi musikal

Full Text:

PDF

References

Almen, B., & Pearsall, E. (2006). Aproaches to Meaning in Music. Bloomington, IN: Indiana University Press.

Davidson, J. W., & Good, J. M. M. (2002). Social and Musical Co-ordination Between Members of a String Quartet: An Exploratory Study, Psychology of Music, 30, 186-201.

Hansen, J. P. (2001). The Trickter and the Paranormal. Philadelphia, PA: Xlibris.

Holoman, D. K. (2012). The Orhestra: A Very Short Introduction. Madison Avenue, NY: Oxford University Press.

Radice, M. A. (2012). Chamber Music: An Essential History. Ann Arbor, Michigan: The University of Michigan Press.

Slette, L. A. (2018). Negotiating musical problem-solving in ensemble reherseals. B. J. Music Ed. page 1 of 15. Cambridge University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.