IMITASI SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN INSTRUMEN DRUM STUDI KASUS: SISWA RHYTM STAR MUSIC SCHOOL YOGYAKARTA

Authors

  • Henrikus Balzano Harya P Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i1.961

Keywords:

drum, metode imitasi, pembelajaran drum

Abstract

Drum merupakan salah satu instrumen perkusi yang cukup familiar dan banyak digemari dalam bidang kursus ketrampilan musik. Hal ini jelas terbukti bahwa hampir disetiap tempat kursus musik selalu membuka kelas instrumen drum. Dalam memainkan instrumen drum masing-masing anggota tubuh khususnya tangan kanan dan kiri, serta kaki kanan dan kiri memainkan bagian yang berbeda dalam satu waktu. Hal ini tentu terlihat rumit bila diajarkan pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki metode pengajaran instrumen drum pada anak dengan mengambil sampel salah satu lembaga kursus musik di Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pengamatan tidak terlibat terhadap proses pembelajaran drum di dalam kelas. Hasilnya yaitu strategi guru memegang peranan penting atas kompetensi anak dalam memainkan instrumen drum. Imitasi menjadi metode dan strategi yang paling efektif digunakan saat proses pembelajaran instrumen drum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gauthier, Delores dan Jan McCrary. (1999). Music Courses for Elementary Education Majors: An Investigation of Course Content and Purpose. Journal of Research in Music Education, 47(2), 124-134.

Haston, Waren. (2007). Teacher Modeling as an Effective Teaching Strategy. Music Educators Journal, 93(4), 26-30.

Miles Mathew B., Michael Huberman, Johny Saldana. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. USA: SAGE Publications.

Rena, Upitis dkk. (2017). Characteristics of independent music teachers. Music Education Research, 19(2), 169–194.

Snow, Nancy Joys. (1997). Imitation pedagogy: The ongoing debate. Theses Digitization Project: California State University.

Wiggins, Jackie. (2007). Authentic Practice and Process in Music Teacher Education. Music Educators Journal, 93(3), 36-42.

Harlow, H. F. (1999). Fundamentals for preparing psychology journal articles. Journal of Comparative and Physiological Psychology, 55, 893-896.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

P, H. B. H. (2021). IMITASI SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN INSTRUMEN DRUM STUDI KASUS: SISWA RHYTM STAR MUSIC SCHOOL YOGYAKARTA. DESKOVI : Art and Design Journal, 4(1), 7–11. https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i1.961

Issue

Section

Articles