12 PRINSIP ANIMASI PADA GERAK KARAKTER SKELETAL ANIMATION “ACHOO”

Anis Rahmi

Abstract

Karakter animasi merupakan seni menyajikan dan membuat tokoh tertentu bergerak dan dengan ciri dan karakteristik di layar dalam konteks 2D atau 3D. Hal tersebut menimbulkan kesulitan animator saat bekerja menggambungkan banyak gambar untuk mewujudkan suatu karakter bergerak, berpikir, berperilaku muncul secara konsisten di layar. Skeletal Animation membantu animator untuk memecahkan masalah kerumitan ketika menggerakkan bagian-bagian potongan gambar, mengontrol perubahan bentuk gambar dengan bantuan algoritma komputer yang menunjukkan pose gerak serta mengurangi kebutuhan memori pada komputer terkait kebutuhan untuk menggerakan gambar dalam jumlah yang banyak. Ilusi gerak suatu karakter tokoh tidak hanya menganut aturan hukum dasar fisika, tetapi juga berurusan dengan masalah waktu pengerjaan, reaksi emosional tokoh dan daya tarik karakter yang diatur dalam 12 prinsip dasar animasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berupa evaluasi deskriptif yang diperoleh dari narasumber yang berprofesi sebagai animator senior studio animasi di Batam yang memberikan evaluasi gerak tokoh film animasi pendek berjudul “Achoo” yang menerapkan teknik skeletal animation pada gerak 2 karakter berwujud manusia dan 1 tokoh mikroba yang hidup dan bergerak seperti memiliki kepribadian seorang manusia.

Keywords

12 prinsip animasi; skeletal animation

Full Text:

PDF

References

Bancroft, T. (2012). Character Mentor. United States of America: British Library

---------------(2006). Creating Characters With Personality. Watson-Guptill.

Ekström, H. (2013). How Can a Character's Personality be Conveyed Visually, through Shape. Journal of Game Design and Graphics :DiVA.

Ochei, J., Kolhatkar, A. (2000). Medical Laboratory Science: Theory and Practice Paperback. McGraw Hill Education.

Pan, J.(2009). Sketch-Based Skeleton-Driven 2d Animation And Motion Capture. National Centre for Computer Animation Media School, Bournemouth University.

Songu, M., Cingi,C. (2009). Sneeze reflex: facts and fiction. https://doi.org/10.1177/1753465809340571https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/1753465809340571

Thalmann, N M., Richard, L, & Daniel, T.(1988). Joint-Dependent Local Deformations for Hand Animation and Object Grasping. Graphics Interface '88.

Williams, R.(2012). The Animator's Survival Kit: A Manual of Methods, Principles and Formulas for Classical, Computer, Games, Stop Motion and Internet Animators. 1st ed. New York, United States: Farrar, Straus and Giroux.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.