SINEMATOGRAFI FILM PENDEK YOGYAKARTA

Authors

  • Sifa Sultanika Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i1.814

Keywords:

analisis film, film pendek, pengambilan gambar, sinematografi, teori film

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai bentuk sinematografi yang digunakan pada film Ifa Isfansyah berjudul Setengah Sendok Teh, Yosep Anggie Noen dalam film Ballad of Blood & Two White Buckets, dan Wregas Bhanuteja dalam film Prenjak In The Year Of Monkey, serta diharapkan dapat menjadi suatu wawasan baru mengenai bagaimana pengaruh bentuk sinematografi terhadap sebuah cerita. Penelitian ini didasari oleh teori The Five c’s of Cinematography oleh Joseph V. Mascelli, A.S.C. Hasil dari pengamatan penulis menggunakan metode kualitatif, sinematografi dari ketiga film ini adalah ketiga film tersebut memiliki ciri-ciri tersendiri. Adapun bentuk kesamaan dari ketiga film adalah penyajian mengenai unsur sinematografi yang terkait komposisi, posisi kamera, dan penyuntingan gambar. Berdasarkan dari hasil analisis adegan ketiga film pada bagian adegan awal atau adegan pembuka film, ketiganya menunjukkan cara yang berbeda dari penempatan posisi kamera, namun sama jika dilihat dari fungsi adegan. Pola sinematografi dalam ketiga film memiliki bentuk yang konsisten secara teknis dari awal hingga akhir film. Analisis berdasarkan adegan pembuka pada masing-masing film menunjukkan fungsi dari bagian sinematografi sebagai wujud persamaan secara deskriptif maksud dari pengambilan gambar. Analisis terakhir berdasarkan adegan two shot, posisi pemain perempuan pada masing-masing film dibuat lebih mendominasi. Penempatan komposisi pada masing-masing peran wanita pada adegan two shot ini memberikan penataan komposisi yang lebih kuat secara karakter dan konflik yang didukung dengan bentuk sinematografi pada masing-masing film. Secara keseluruhan, penyuntingan gambar dibangun dengan konsep kontiniti yang berdasarkan dengan komposisi, membuat masing-masing film memiliki bentuk pemotongan gambar yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beach, Christopher. (2015), A Hidden History of Film Style: Cinematographers, Directors, andThe Collaborattive Process. University of California Press, New York.

Boggs, Joseph M. (1992), Cara Menilai Sebuah Film. Yayasan Citra, Jakarta.

Bordwell, David & Kristin Thompson. (2012), Film Art an Introduction. The Mc Grow-Hill Companies, New York.

Branigan, Edward. (1992), Narrative Comprehension and Film, Routledge, London.

Brown, Blain. (2012), Cinematography: Theory and Practice, Elsevier Inc, Amsterdam.

Frost, Jacqueline. (2020), Cinematography for Directors : A Guide for Creative Collaboration, 2nd Ed, Michael Wiese Productions.

Hall, Brian. (2015),

Heiderich, Timothy. (2012), Techniques: The Different Tpyes of Shots in Film, Videomaker, CA.

Kustanto Lilik, Prasetyowati Ary, Aisyia Ozhara, (2019). Kontruksi Keistimewaan Yogyakarta dalam Narasi Film-Film Kompetisi Produksi Dinas Kebudayaan Yogyakarta 2016-2017, Jurnal Rekam Vol. 15/1, ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

Mascelli, Joseph V. (2010). The Five C’s of Cinematography atau Lima Jurus Sinematografi, terjemahan Fakultas Film dan Televisi IKJ. (2010), Jakarta.

Miles, M.B & Huberman, A.M. (1994), Qualitative Data Analysis, 2nd Ed, Sage Publication, USA.

Monaco, James. (2009), How to Read a Film: Movies, Media, and Beyond 4thEdition, Oxford University Press, England.

Morissan. (2008), Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Lancaster, Kurt. (2019), Basic Cinematography : A Creative Guide to Visual Storytelling. Routledge, London.

Lubis M Fadli, Wahyuni Sri. (2019), Penerapan Sinematografi pada film Pilar . Jurnal FSD Vol 1. No.1, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Potensi Utama.

Prakoso, Gotot. (2001), Ketika Film Pendek Bersosialisasi, Yayasan Layar Putih, Jakarta.

Pratista, Himawan. (2008), Memahami Film. Homerian Pustaka, Jakarta.

Sastro, Darwanto Subroto. (1994), Produksi Acara Televisi, Universitas Duta Wacana, Yogyakarta.

Williams, Rhys Tomas. (2001), Tricks of the Light : A Study of The Cinematographic Style of the Emigré Cinematographer Eugen Schüfftane. University of Exeter, England.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Sultanika, S. (2021). SINEMATOGRAFI FILM PENDEK YOGYAKARTA. DESKOVI : Art and Design Journal, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.51804/deskovi.v4i1.814

Issue

Section

Articles