PENDALAMAN KARAKTER SISWA-SISWI DALAM EKSTRAKURIKULER TEATER DISMA NEGERI 1 ALALAK MENGGUNAKAN OLAH SUKMA

Authors

  • Rofi Shafwan Pascasarjana Institut Seni Indonesia Yogyakarta Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i1.728

Keywords:

Karakter, keaktoran, teater

Abstract

Masalah yang ditemukan dalam Ekstrakuikuler Teater di SMA Negeri 1 Alalak adalah siswa kesulitan dalam mempelajari dan memainkan karakter yang mereka perankan. Ibu Ani Nilawardani, M.Pd selaku penanggung jawab Ekstrakurikuler Teater di SMA Negeri 1 Alalak tidak pernah memberikan arahan untuk pendalaman karakter dalam berteater, beliau pernah tepikir untuk mengajak siswa/siswi ekstrakurikuler Teater olah sukma namun ibu Ani tidak jadi melakukannya karena beliau dan pihak sekolah masih ragu-ragu untuk melakukan olah sukma dengan pemahaman bahwa olah sukma bisa membuat siswa/siswi Ekstrakurikuler Tetaer kesurupan. Penelitian ini bertujuan untuk 1.) Mengetahui proses pelaksanaan pendalaman karakter siswa / siswi ekstrakurikuler Teater di SMA NEGERI 1 Alalak melalui olah sukma, menggunakan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini memberikan pengalaman baru terhadap siswa/siswi untuk bisa belajar bersama dan merasakan bagaimana caranya memainkan karakter, karena karakter sangat penting bagi seorang aktor dalam ber teater untuk menciptakan suasana agar para aktor bisa membawakan perannya senyaman dan bisa sebagus mungkin. Sampel penelitian ini adalah Siswa/siswi yang mengikuti ektrakurikuler teater di SMA Negeri 1 Alalak.

 

The problem found in Theater Extracurricular at Alalak 1 Senior High School is that students have difficulty in learning and playing the characters they play. Mrs. Ani Nilawardani, M.Pd as the person responsible for Theater Extracurricular activities at Alalak 1 Senior High School has never given any direction for character deepening in theater, she had thought to invite extracurricular Theater students, though Ibu Ani did not do it because she and the school still hesitant to do sukma with the understanding that if sukma can make students Extracurricular Theater possessed. This study aims to Determine the process of implementing the deepening of the character of students of extracurricular Theater at Alalak 1 Senior High School through processing the sukma, using a qualitative approach method. This research provides new experiences for students to be able to learn together and feel how to play the character. because the character is very important for an actor in performing theater to create an atmosphere so that the acto performs the role as comfortable and can be as good as possible.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal. (2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.

Alwi, Hasan. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga : Jakarta Balai Pustaka

Ernawati, E. (2019). Kosmologi sebagai Pijakan Kreasi dalam Berkarya Seni (Cosmology as the Foundation of Creation in Artwork). INVENSI (Jurnal Penciptaan Dan Pengkajian Seni), 4(2), 113–129.

Herdiansyah, Haris. (2013). Wawancara, observasi dan Focus Groups. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Margono. (2007). Metologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta : PT. Rineka

Sugiyono. (2013), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Stanislavsky, Constantin.(1980). Persiapan Seorang Aktor, Jakarta : Pustaka Jaya Cipta

Satoto, Soediro. (2012). Analisis Drama dan Teater. Yogyakarta : Penerbit Ombak

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Bengkulu : Kencana Prenada Media Group

Downloads

Published

2020-06-13

How to Cite

Shafwan, R. (2020). PENDALAMAN KARAKTER SISWA-SISWI DALAM EKSTRAKURIKULER TEATER DISMA NEGERI 1 ALALAK MENGGUNAKAN OLAH SUKMA. DESKOVI : Art and Design Journal, 3(1), 59–64. https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i1.728

Issue

Section

Articles