PELATIHAN KESENIAN REBANA GRUP AL-MAGHFIROH DI CIKAMBUY DESA SANGKANHURIP KECAMATAN KATAPANG KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Mochammad Septa Satria Saputra Program Magister Tatakelola Seni Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i1.727

Keywords:

Pelatihan, Kesenian, Rebana

Abstract

Penelitian ini berjudul “pelatihan kesenian rebana grup Al-Maghfiroh di Cikambuy Desa Sangkanhurip Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung”. Penelitian ini didasari oleh alasan dari grup kesenian rebana yang aktif di Cikambuy Kabupaten Bandung. Grup Al-Maghfiroh berbeda dengan grup kesenian rebana lainnya, grup ini digerakan oleh Pak Toni dan oleh murid-muridnya dan sering mengikuti kegiatan-kegiatan yang bernuansa Islami khususnya didaerah Cikambuy dan sekitarnya. Dengan bimbingan pelatih, murid mampu memainkan alat musik kesenian rebana secara bersama-sama, bergembira, serta mempunyai daya tarik tersendiri. Pada kegiatan latihan kesenian rebana, murid mendapat motivasi dari pelatih dan mendapat dukungan dari orang tua murid. Berdasarkan observasi kebeberapa tempat didaerah Cikambuy, Grup Al-Maghfiroh ini lebih cenderung menarik sehingga proses latihannya dilakukan dengan jadwal yang telah ditentukan tiap minggunya. Ini yang menjadi kajian penelitian saya, melihat dan mengamati proses pelatihan untuk diteliti dikediaman Pak Toni. Pelatihan kesenian rebana grup Al-Maghfiroh Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang proses pelatihan kesenian rebana yang dilakukan di Cikambuy Kabupaten Bandung secara sistematis, faktual, serta aktual mengenai objek yang akan dikaji. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi literarul. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa murid dapat lebih terampil dalam memainkan alat musik kesenian rabana, cara pelatihan yang dipakai oleh Pak Toni yaitu dengan cara di beo sangat membantu dalam hal menyampaikan materi kepada murid, dan adanya ketergantungan yang timbul dari murid dalam proses pelatihan sehingga terjadinya ketidak seriusan dalam pelatihan kesenian rebana.

 

This research entitled “training of art of tambourine group Al-Maghfiroh in Cikambuy Village Sangkanhurip District Katapang District Bandung”. This research is based on the reason of grup of tambourine art that active in Cikambuy Regency Bandung. Group Al-Maghfiroh is different from other groups of tambourine art, this groups is driven by Mr.Toni and by his students and often follow the activities of Islamic nuance especially in Cikambuy and surrounding areas. With the coach’s guidance, students are able to play the tambourine art instrumen together, have fun, and have their own charms. In the rehearsal art training activities, students get motivation from the trainer and get support from the parents of the students. Based on observations to some places in Cikambuy area, this Al-Maghfiroh Group is more likely to attract so that the training process is done with the coach and his peers. This is the study of my research, looking at and observing the training process to be studied in Mr. Toni’s residence. Training of tambourine art group Al-Maghfiroh District Katapang Bandung Regency, with the aim to provide an overview of the art training process conducted Cikambuy Bandung regency as well as about the object to be studied. While the technique of data collection is through observation, interview, documentation, and literatur study. Based on the result of research shows that students can be more skilled in playing musical instruments rebana, the way of training used by Mr. Toni is by way of parrots very helpful in terms of delivering material to students, and the dependence arising from students in the training process so that the occurrence art training.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsini. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan “(Edisi Revisi)”. Cet. IX; Jakarta : Bumi Aksara.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Bandung : PT Gelora Aksara Pratama.

Devindrin Kusuma, Putu Sandra. (2014). Pelatihan Seni Tabuh Gamelan Goong Kebyar Di Pura Wira Satya Dharma Ujung Berung Bandung. Bandung : Skripsi Departemen Pendidikan Seni Musik FPSD UPI.

Guritno, Sri dan Manullang, Binsar. (1998-1999). Budaya Masyarakat Di Lingkungan Kawasan Industri Rotan Desa Tegal Wangi, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Jakarta : CV. BUPARA.

Instruksi Presiden. (1974). Undang-Undang Republik Indonesia No 15 Tahun 1974 tentang Pelaksanaan Keputusan Presiden Nomor 34 Tahun 1972. Jakarta. [Online]. Diakses dari : https://peraturan.bkpm.go.id/jdih/userfiles/batang/InPres_15_1974.pdf

Joko. (2015). Metode pembelajaran. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Kamil, Mustofa. (2010). Model Pendidikan Dan Pelatihan : Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Kartika, Ikka. (2011). Mengelola Pelatihan Partisipatif. Bandung : Alfabeta.

Komalawati, I. (2016). Pembelajaran Kesenian Rebana Di MTS Rohmah Kabupaten Garut. (Skripsi). Bandung: Departemen Pendidikan Seni Musik FPSD UPI.

Kubarsah, Ubun. (1994). Mengenal Alat-alat Kesenian Daerah Jawa Barat. Bandung : Beringin Sakti.

Maulida, Diana. 2016. Pertunjukan Seni Terebang Gebes Grup Candralijaya Pada Acara Hajat Lembur Di Kampung Cirangkong Desa Cikeusal Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya. Bandung : Skripsi Departemen Pendidikan Seni Musik FPSD UPI.

Mukhtar dan Martinis Yasmin. 2001. Metode pembelajar yang berhasil. Jakarta : CV Sasama Mitra Suksesa.

Perkasa, Rian. 2017. Pelatihan Drum Band Dengan Metode Tutor Sebaya Di SMPN 3 Lembang. Bandung : Skripsi Departemen Pendidikan Seni Musik FPSD UPI.

Rosset, Allison & W. Arwady, Joseph. (1987). Training Needs Assesment. Educational Technology Publications Englewood Cliffs, New Jersey 07632

Rusyana, Yus. (2000). Tujuan Pendidikan Seni. Gelar: Jurnal Ilmu dan Seni STSI Surakarta: STSI Press.

Sagala, Syaiful. (2004). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sastradipoera. (2006). Pengembangan dan Pelatihan. Bandung : Kappasigma

Satori dan Komariah. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sedyawati, Edi. (2002). Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi, Seni, dan Sejarah. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Sinaga, S. S. (2006). Fungsi dan Ciri Kesenian Rebana di Pantura Jawa Tengah. (Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni). 8. (3) [Online] Tersedia: http//journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/736/665 [5 Mei 2013].

Sudjana, Djudju. (2007). Sistem Dan Manajemen Pelatihan: Teori Dan Aplikasi. Bandung : Falah Production.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Suyono dan Haryanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Soepandi, Atik. Atmadibrata, Enoch (1977). Khasanah Kesenian Daerah Jawa Barat. Bandung : Pelita Masa.

www.inigresik.com/2014/06/terbang-atau-rebana-alat-musik.html?m=1.di akses 18 Agustus 2017

Yulia, S. (2016). Pembelajaran Rebana Qasidah Di Baituttarbiyah (Rumah Pendidikan) Abu Zacky Al-Zam Zamy Pangandaran. Bandung : Skripsi Departemen Pendidikan Seni Musik FPSD UPI.

Yuliawati, E. (2017). Pelatihan Angklung Diatonis Pada Ekstrakurikuler Musik Di MTs Negeri 1 Sumedang. Bandung : Skripsi Departemen Pendidikan Seni Musik FPSD UPI.

Downloads

Published

2020-06-13

How to Cite

Saputra, M. S. S. (2020). PELATIHAN KESENIAN REBANA GRUP AL-MAGHFIROH DI CIKAMBUY DESA SANGKANHURIP KECAMATAN KATAPANG KABUPATEN BANDUNG. DESKOVI : Art and Design Journal, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i1.727

Issue

Section

Articles