PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KRIYA KERAMIK DI SMK NEGERI 8 PADANG

Authors

  • Bella Eka Pratiwi Program Studi Pengkajian Kriya Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i1.723

Keywords:

Media Audio Visual, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar kriya keramik di SMK Negeri 8 Padang. Hipotesis yang diuji dalam penelitaian ini adalah hasil belajar kriya keramik yang diajar dengan menggunakan media audio visual berbeda secara signifikan dengan hasil belajar kriya keramik yang diajar dengan menggunakan media konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kriya keramik. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI kriya keramik. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi-experimen) dengan rancangan penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Data penelitian dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data kemudian dianalisis dengan Uji-t. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar kriya keramik yang diajarkan dengan menggunakan media audio visual berbeda dengan hasil belajar kriya keramik yang diajar dengan menggunakan media konvensional. Berdasarkan temuan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa media audio visual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kriya keramik. Oleh karena itu media audio visual sangat baik untuk digunakan secara terus menerus oleh guru dalam proses pembelajaran guna untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran kriya keramik di SMK Negeri 8 Padang.

 

This research aims to understand the influence of audio visual media to the result of learning pottery crafting in SMK Negeri 8 Padang. This research tested the hypothesis to know is there a significant difference in the result of learning pottery crafting taught by using audio visual media and conventional media. The population is all of the pottery crafting students. The sample is the students of class XI pottery crafting. The technique of sampling is purposive sampling. The type of research is quasi experiment with research plan is Pretest-Posttest Control Group Design. The data is collected by testing the learning result. Then, data will be analyzed by using Uji-t. The result shows : the learning result of pottery crafting that has been taught using audio visual media is difference with the result of learning by using conventional media. Based on the result of the research, we can conclude that audio visual media has positive influence towards students’s learning result in pottery crafting subject. Therefore, the audio visual media is really good to use continuosly by the teacher in the learning process in order to improve the students’s learning result specifically in pottery crafting subject in SMK Negeri 8 padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Ernawati, E. (2020). PSIKOLOGIS DALAM SENI: KATARSIS SEBAGAI REPRESENTASI DALAM KARYA SENI RUPA. DESKOVI: Art and Design Journal, 2(2), 105-112.

Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Penerbit Pustaka Reka Cipta.

Mulyadi, S. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sumarno. (2011). Retrieved from blog.elearning-unesa.ac.id.

Wati. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Downloads

Published

2020-06-13

How to Cite

Pratiwi, B. E. (2020). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KRIYA KERAMIK DI SMK NEGERI 8 PADANG. DESKOVI : Art and Design Journal, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i1.723

Issue

Section

Articles