MISKOMUNIKASI VISUAL DALAM POSTER INSTASTORY INSTAGRAM ACARA GELAR CIPTA TATA RIAS 2019: INDONESIAN FOLKLORE

Authors

  • Damara Alif Pradipta Pascasarjana ISI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i1.695

Keywords:

desain komunikasi visual, miskomunikasi visual, poster, tata-rias

Abstract

Desain Komunikasi Visual merupakan bidang ilmu yang menggunakan pengelolaan elemen-elemen visual dalam proses perancangannya. Tidak jarang terdapat permasalahan-permasalaham dalam merancang sebuah karya DKV.  Salah satu permasalahan tersebut adalah adanya miskomunikasi visual yang memiliki arti adanya ketidak sinkron-an antara pesan dan elemen visual yang ada. Dalam tulisan ini dibahas mengenai miskomunikasi visual yang terdapat dalam Poster Instastory Instagram dari acara Gelar Cipta Tata Rias 2019: Indonesian Folklore yang diselenggarakan oleh jurusan Tata Rias angkatan 2015 Universitas Negeri Surabaya. Dalam membahas poster ini, penulis menggunakan metode kritik seni dan mendapat hasil bahwa  adanya ketidak sinkron-an antara elemen visual dari poster dengan tema acara yang notabene bertemakan cerita rakyat Indonesia.

 

Visual Communication Design is a science that uses the management of visual elements in the design process. Sometimes there are problems in designing a DKV work. One of these problems is the presence of visual miscommunication which means there is a lack synchronization between the message and the visual elements that exist. In this paper, we discuss the visual miscommunication contained in the Poster story Instagram from the event  named “Gelar Cipta Tata Rias 2019: Indonesian Folklore” which held by the 2015 class of Cosmetology Department, Surabaya State University. In discussing this poster, the author used the art critique method and got the result that there was a lack of synchronization between the visual elements of the poster and themed “Indonesian Folklore”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahari, Nooryan. (2008). Kritik Seni: Wacana, Apresiasi dan Kreasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emir. (2019). Usung Tema Folklore dalam Show time Gelar Cipta Tata Rias 2019. diakses 8 Juni 2019, dari https://www.unesa.ac.id/usung-tema-folklore-dalam-show-time-gelar-cipta-tata-rias-2019#

Frascara, Jorge. (2004). Communication Design : Principles, Method, and Practice. Allworth Press .

Kusrianto, Adi. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Supriyono, Rakhmat. (2010). Desain Komunikasi Visual, Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tinarbuko, Sumbo. (2015). Dekave: Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: Penerbit CAPS.

Downloads

Published

2020-06-13

How to Cite

Pradipta, D. A. (2020). MISKOMUNIKASI VISUAL DALAM POSTER INSTASTORY INSTAGRAM ACARA GELAR CIPTA TATA RIAS 2019: INDONESIAN FOLKLORE. DESKOVI : Art and Design Journal, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i1.695

Issue

Section

Articles