PERAN LIRIK LAGU DALAM MENINGKATAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK AUTISTIK DI SEKOLAH BINA ANGGITA YOGYAKARTA

Authors

  • Zefanya Lintang Nugrahaningsih Institut Seni Indonesia Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v2i1.411

Keywords:

Lirik, Verbal, Autistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi verbal pada anak autistik dengan menggunakan lirik pada lagu anak-anak, karena diharapkan dapat mempebanyak kosakata pada anak autistik sehingga kemampuan bekomunikasi secara verbal bagi anak autistik meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan didukung dengan studi pustaka guna memberikan informasi-informasi secara lengkap tentang penelitian ini. Ada 4 tahapan yaitu: Tahapan pra-lapangan, Tahap Pekerjaan lapangan, dan Tahapan Hasil Pengumpulan Data. Subjek penelitian adalah siswa autistik di sekolah Bina Anggita Yogyakarta berjumlah 5 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pedoman observasi dan sebelumnya peneliti melakukan studi pustaka terlebih dahulu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran lirik dalam lagu Balonku dan Pelangi-Pelangi dapat meningkatkan bahasa verbal anak autistik. Anak autistik terstimulus untuk menyanyi bersama saat dilibatkan untuk benyanyi bersama-sama.

This study aims to improve verbal communication in autistic children by using lyrics on children's songs. Due to the expected increase in verbal skills for autistic children. This research is a qualitative research with case study approach and supported by literature study to provide complete information about this research. There are 4 stages: Preliminary Stage, Field Work Stage, and Data Collection Stages. Research subjects were autistic students in Bina Anggita Yogyakarta school amounted to 5 students. Data collection used in this research is using observation guideline and previous researcher do literature study first. Data analysis in this study using descriptive qualitative. The results of this study indicate that the role of lyrics in the song Balonku and Pelangi-Pelangi can improve the verbal language of autistic children. Autistic children are stimulated to sing together when involved to sing together.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggreani, Nurwinda. 2014. Kegiatan Bermain Musik Bagi Anak Autis di Taman Musik Dian Indonesia Cilandak Barat Jakarta Selatan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Asuncion, Annette. 2017. Music Therapy In Special Education, Music Therapy Centre Indonesia, Jakarta, 30 Maret-1 April.

Brownell, M. D. 2002. Musically adapted social stories to modify behaviors in students with autism: Four case studies. Journal of Music Therapy. https://doi.org/10.1093/jmt/39.2.117

Creswell, John W. 2016. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djohan. 2006. Terapi Musik, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Galangpress.

Darrow, A.-A., & Armstrong, T. 2017. Research on Music and Autism Implications for Music Educators. Update: Applications of Research in Music Education. https://doi.org/10.1177/875512339901800103

Fang, E. R. 2010. Music in the lives of two children with autism: A case study. ProQuest Dissertations and Theses.

Greenberg, D. M., Rentfrow, P. J., & Baron-Cohen, S. 2016. Can Music Increase Empathy? Interpreting Musical Experience Through the Empathizing–Systemizing (E-S) Theory: Implications for Autism. Empirical Musicology Review. https://doi.org/10.18061/emr.v10i1-2.4603

Hertha, Saphira. 2017. Musik dan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus, Music Therapy Centre Indonesia, Jakarta, 30 Maret-1April.

Kanner, Leo. 1971. Follow-up Study Of Eleven Autistic Children Originally Reported In 1943. Journal of Autism and Childhood Schizophrenia, 1-2, 119-145.

Dokter Indonesia. 2011. Autism, Sebuah Gangguan Prilaku Pada Anak. Retrieved January 2, 2018, from https://klinikautis.com/2011/10/23/autism-sebuah-gangguan-perilaku-pada-anak

Milyartini, R. 2010. Peran Musik Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Retrieved December 12, 2017, from https://www.researchgate.net/publication/305942016_Peran_Musik_Bagi_Anak_Berkebutuhan_Khusus

Wiguna, T. 2015. Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Gangguan Spektrum Autisme? Retrieved December 23, 2017, from www.otsuka.co.id/health-info/

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Nugrahaningsih, Z. L. (2019). PERAN LIRIK LAGU DALAM MENINGKATAN KOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK AUTISTIK DI SEKOLAH BINA ANGGITA YOGYAKARTA. DESKOVI : Art and Design Journal, 2(1), 59–64. https://doi.org/10.51804/deskovi.v2i1.411

Issue

Section

Articles