ANALISIS TANDA PADA KARYA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Authors

  • Ernawati Ernawati Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/deskovi.v2i1.381

Keywords:

Semiotika, Tanda, Karya, Makna

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna denotasi dan konotasi pada tanda visual karya desain komunikasi visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotika dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa Karya desain visual memiliki tanda berbentuk verbal (bahasa) dan visual, serta menunjukan bahwa penyajian karya desain komunikasi visual mengandung tanda sebagai ikon untuk menyampaikan pesan dalam sistem non kebahasaan yaitu bentuk visual yang mendukung sistem verbal dengan tanda bersifat peniruan kebentukansesuai kenyataan (similrarity). Semiotika sebagai metode analisis tanda guna membedah karya desain komunikasi visual layak untuk disikapi dengan menerapkannya secara proaktif sesuai konteksnya.

The purpose of this research is to know the meaning of denotation and connotation in visual sign of visual communication design. This research uses semiotic method with Roland Barthes's semiotic approach. Result of this reseach, show that visual design art has a verbal (linguistic ) and visual sign, also show that  presentation of visual communication design art  containing signs as an icon to deliver messages in  non-linguistic system is a visual form that  support verbal system with signs of impersonation according to reality (similrarity). Semiotic as a sign analysis method to operate visual communication design art are appropriate to be addressed by applying them proactively according to the context.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ernawati Ernawati, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif

References

Barthes, Roland.(2007), Membedah Mitos-mitos Budaya Massa: Semiotika atau Sosiologi Tanda, Simbol dan Representasi, Cetakan Pertama, Terjemahan oleh Ikramullah Mahyuddin, Jalasutra: Yogyakarta.

Barthes, Roland. (2009), Mitologi, Cetakan Ketiga, Terjemahan oleh Nurhadi dan A. Sihabul Millah, Kreasi Wacana: Yogyakarta.

Budiman, Kris. (2011), Semiotika Visual: Konsep, Isu, dan Problem Ikonisitas, Jalasutra: Yogyakarta

Creswell, John w.(2014), Research Design, Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches atau Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, terjemahan Achmad Fawaid & Rianayati Kusmini. (2016), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Piliang, Yasraf A. (2012), Semiotika dan Hipersemiotika: Gaya, Kode dan Matinya Makna, Matahari: Bandung.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Ernawati, E. (2019). ANALISIS TANDA PADA KARYA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL. DESKOVI : Art and Design Journal, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.51804/deskovi.v2i1.381

Issue

Section

Articles