KEPRIBADIAN INTROVERT DALAM FOTOGRAFI EKSPRESI

Ngesti Limna Sari

Abstract

Kepribadian manusia merupakan bentuk tingkah laku manusia berdasarkan sikap dan sifatnya. Kepribadian setiap manusia berbeda-beda, hal ini di pengaruhi oleh dua faktor utama yaitu, faktor internal dan eksternal. Carl Gustav Jung adalah seorang pencipta teori psikologi analitis membagi kepribadian manusia berdasarkan sikap jiwanya menjadi dua tipe yaitu introvert dan ekstrovert. Penciptaan dengan judul “Kepribadian Introvert dalam Fotografi Ekspresi” ini membahas mengenai kepribadian introvert pada manusia. Kepribadian introvert merupakan kepribadian manusia yang lebih cenderung fokus dengan dunia yang ada dalam dirinya sendiri dan membatasi dirinya dengan dunia luar sehingga dalam masyarakat umum, muncul penilaian yang kurang tepat. Sehingga muncul keinginan untuk memvisualkan bagaimana sebenarnya ciri-ciri kepribadian introvert dari sudut pandang seorang introvert dan teori mengenai kepribadian introvert. Media yang digunakan untuk penciptaan karya adalah fotografi ekspresi. Fungsi fotografi ekspresi adalah sebagai media ungkapan perasaan dan gagasan  seorang  fotografer.  Proses digital imaging dilakukan dalam penciptaan karya untuk penambahan elemen dan objek pendukung sebagai media penyampai pesan, agar pesan  yang  ada pada foto bisa sampai kepada penikmat foto. Tujuan penciptaan ini  adalah  untuk menggambarkan bagaimana kepribadian manusia khususnya introvert dapat divisualisasikan melalui media fotografi ekspresi.

Keywords

fotografi ekspresi; introvert; kepribadian

Full Text:

PDF

References

Boeree, C. G. (2016). General Psychology: Psikologi Kepribadian, Persepsi, Kognisi, Emosi, & Perilaku. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Danesi, M. (2010). Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jala Sutra.

Kelsey, R. (2015). Photography and The Art og Change. United State of America: President and Fellow of Harvard College.

Nurchahyo, A. K. (2010). Photoshop Photomontage. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Oprisco, O. (2017). Untitled. Retrieved October 31, 2017, from http://olegoprisco.com

Panda, B. (2017). Historic Glass-Plate Photos from RomaniaRestored And Turned Into Colorful Art. Retrieved September 11, 2017, from http://www.boredpanda.com/artist-creates-new-images-from- glass-plate- photos/

Prawira, P. A. (2013). Psikologi Kepribadian dengan perspektif baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Serva, D. (2018). The (Buzzy) Beekeeper. Retrieved May 29, 2018, from https://www.instagram.com/daniel_serva.

Soedjono, S. (2006). Pot-pourri fotografi. Jakarta: Universitas Trisakti.

Svarasjati, T. P. (2013). Photagogos Terang-Gelap Fotografi Indonesia. Semarang: Suka Buku.

The Guardian. (2017). Vilhelm Hammershoi at the Royal Academy: the poetry of silence. Retrieved August 31, 2017, from http://theguardian.com/artanddesign/gallery/2008/jun/25/art.denmak

Refbacks

  • There are currently no refbacks.